nhk

MotoGP Lemans 2016 (Jelang): Rossi, Jerez Tempat Mengukur Diri Untuk Selanjutnya

  

ManiakMotor – Sirkuit Jerez di Spanyol jadi tempat tes skill Valentino Rossi. Sampai di mana tingkatannya membalap saat ini bila disejajarkan dengan nama besar lain. Tentu juga bersama M1-nya. Faktanya dia juara. Malah terlihat ‘mudah’ sepanjang 27 lap. Rossilah dari empat seri lalu sejak start sampai finish boleh memimpin balapan.

Ada alasannya Jerez jadi sirkuit untuk ‘mawas diri’ pada keterampilan Rossi dalam 37 tahun. Alasan awal sirkuit ini dimengerti oleh semua peserta. Sama-sama memiliki penguasan  teknik menaklukan 13 tikungan Jerez. Juga SDM tim punya dasar sama terhadap membangun set-up motor. “Menang di Jerez ini penting. Ini sirkuit fantastis, saya bisa mengukur kemampuan diri sendiri di sini,” papar Rossi usai balapan di Jerenz.

Lintasan Jerez nggak terlalu besar, panjangnya cuma 4.4 km. Rintangannya 13 tikungan. Tetapi dikenal teknikal dengan tikungan berantainya. Satu sama lain tikungan berkaitan. Keliru di salah satu tikungan, akan ngaruh banyak pada tikungan selanjutnya. Maksudnya, salah masuk di salah satu tikungan, awalan selanjutnya akan ngaco. Pula kecepatan motor akah berubah dan akibatnya time rata-rata akan drop.

Itu mungkin elmu kira-kiranya yang dimaksud Rossi mengukur kemampuannya yang kebetulan di Jerez dia lakukan dengan mantap. Salin itu, menurut lawan Rossi macam Marc Marquez, Jerez ini termasuk sirkuit sempit. Hanya 11 meter lebar rata-ratanya. Nggak sembarangan meluncurkan motor sampai ke bibir lintasan. Harus presisi menempatkan motornya.

Jerez di Spanyol itu, sejak 1991 menjadi sirkuit pertama didatangi saat kompetisi masuk ke Eropa. Sebelumnya, mutar dulu dari Asia, bahkan pernah ke Australia sampai benua Amerika, baru ke Jerez yang juga di Eropa itu. “Biasanya kuat di Jerez akan kuat juga di sirkuit lain di Eropa. Entah itu benar atau tidak, lihat saja nanti,” pungkas Rossi.

Buktikan lagi di Lemans, Prancis. Ito

BACA JUGA

MotoGP Lemas 2016 (Jelang): Pedrosa, Michelin Tak Bikin Menarik Balapan, Rossi Malah Memuji

MotoGP Lemans 2015 Jelang: Suzuki Tingggal Lacak Kenyamanan Untuk Lomba

MotoGP Lemans 2016 Jelang: Karena Ini Lorenzo Nggak Sudi Kedua, Di Belakang Rossi Di Jerez

MotoGP 2016: Aksi Nicolo Bulega (Moto3) Di Mata Rossi, Mirip Marco Simoncelli

MotoGP Tes Jerez 2016: Rossi Uji M1 2016, Tetap Akan Pakai Tangki Bahan Bakar Standar

 

 

BAGIKAN