nhk

MotoGP Lemas 2016 (Jelang): Pedrosa, Michelin Tak Bikin Menarik Balapan, Rossi Malah Memuji

  

ManiakMotor – Dani Pedrosa bukannya menuding Valentino Rossi diuntungkan ban Michelin. Tapi dari omongan Pedrosa balapan di Jerez berjalan bikin ngantuk, boleh saja ada kaitannya. Dikait-kaitkan juga bisa. Menurut dia balapan MotoGP di Jerez pada 24 April lalu, berjalan kurang menarik, lantaran kinerja ban Michelin dan aturan mesin yang terlalu ketat.

Ini hanya kebetulan, Rossi yang mendominasi balapan di Jerez. Di saat sama pula, Rossi memuji-muji Michelin seperti omongan Rossi di hari kedua latihan di Jerez, terutama saat tercepat Q2. “Dengan Michelin feeling mengendara saya berjalan. Saya dibesarkan oleh merek ban Prancis ini,” puji Rossi dengan berbagai alasan susulannya.

Tapi tidak begitu dengan Pedrosa. Justru katanya pada MotoSport.Com, Michelin ini yang bikin jalannya lomba datar. Macam di Jerez tidak ada aksi saling telikung, Rossi sudah kabur sendirian sejak lap kedua. “Penyebabnya ban yang selalu gonta-ganti konstruksi. Pabrikan sudah melakukan riset dengan investasi besar, jadi sia-sia kalau bannya tiba-tiba diubah lagi,” jelas Pedrosa menganjurkan pada Michelin untuk menemukan gagasan lebih maju pada bannya.

Masih kata Pedrosa, saat ini percuma melakukan pengembangan. Apalagi kalau ada hubungan dengan ban. “Misalnya melakukan temuan baru pada lengan ayun (swing-arm), tapi kemudian Michelin memperkenalkan ban baru lagi, pengambangan itu harus dibuang jauh-jauh, karena nggak ada gunanya,” tambah Pedrosa yang saat lomba di Jerez ke-4.

Pendrosa juga menenggarai, selain ban juga dipengaruhi mesin. Katanya, waktu pengujian yang sangat terbatas dan mesin juga disegel. “Peraturan terlalu ketat. Mereka harus fleksibel, sebab ada beberapa item pada mesin perlu perbaikan. MotoGP harus melakukan sesuatu, karena bagi saya tidak menarik. Bayangkan saja, seperti di Jerez setiap lap lebih lambat 31 detik,” semprot Pedrosa pada Dorna dan FIM yang mengatur MotoGP.

Michelin usai bannya terkelupas di motor Ducati Scott Redding di Argentina, memang melakukan perubahan konstruksinya. Tapi ternyata dapat protes. Salah satunya dari Pedrosa itu, lalu Jorge Lorenzo usai balapan di Jerez ngomel-ngomel. Sebenarnya Rossi juga, berhubung dia menang, ya baik buat dirinya, hehe. MM  

BACA JUGA

MotoGP Lemans 2015 Jelang: Suzuki Tingggal Lacak Kenyamanan Untuk Lomba

MotoGP Lemans 2016 Jelang: Karena Ini Lorenzo Nggak Sudi Kedua, Di Belakang Rossi Di Jerez

MotoGP 2016: Aksi Nicolo Bulega (Moto3) Di Mata Rossi, Mirip Marco Simoncelli

MotoGP Tes Jerez 2016: Rossi Uji M1 2016, Tetap Akan Pakai Tangki Bahan Bakar Standar

MotoGP Tes Jerez 2016: Marquez Tercepat Dengan Winglet 6 Susun, Rossi Ke-4 M1 2016

BAGIKAN