nhk

MotoGP: Lorenzo Anggap 2014 Sebagai Pengorbanan, 2015 Membayarnya

 

ManiakMotor – Pembalap sekaliber Jorge Lorenzo pun perlu instrospeksi diri. Dengan cara itu ia persiapkan diri memasuki musim berikut. Fokusnya pada mental bertanding yang harus baja, kalau perlu pakai mental titanium, biar kuat bangat.  

Lewat rilis tim Movistar Yamaha, juara dunia 2010 dan 2012 itu bicara banyak hal seputar perfoma yang kurang  di musim 2014. Mulai dari fisik yang acak kadut di awal musim, dampak dari tiga kali operasi ringan untuk mengangkat pelat dari tubuhnya.

Lalu bangkit di akhir musim dengan sejumlah podium dan dua juara seri. “Dari awal sampai pertengahan musim betul-betul stres dan merusak kekuatan mental. Juara lebih mudah diraih jika motor oke, fisik bagus, dan mental yang kuat. Tiga hal itu yang lemah di awal musim dan baru membaik di akhir kompetisi. Khususnya motor, jika bermasalah maka masalah lain akan bertambah,” katanya.

Khusus motor maksudnya semua onderdil dan settingannya satu sama lain berkaitan. Contoh rangka diganti, lengan ayun dan suspensi pun minta penyesuaian. Tidak sekali seri langsung ketemu penyesuaian tersebut, tapi butuh beberapa seri di depan dapat kesimpulannya. Itu maksud Lorenzo jika M1 bermasalah, masalah lain akan muncul. Macam itulah elmu  kira-kiranya.

Dengan evaluasi keseluruhan hasil musim ini, Jl merasa persiapan fisik dan mentalitasnya harus jauh lebih baja – ya titanium – pada awal musim 2015. Hanya dengan kondisi begitu ia bisa memaksimalkan perkembangan teknis M1-nya. “Musim ini salah satu yang terburuk sepanjang MotoGP dan saya anggap sebagai pengorbanan. Kadang memang perlu mengorbankan satu tahun untuk lebih baik di tahun berikutnya.”

Soal progres M1, ia merasa kini lebih kompetitif dan tinggal menukangi sikit masalah lagi pada sektor elektronik dan pengereman. “Sekarang ini saya punya tunggangan yang mumpuni. Speed lebih dari sebelumnya. Sasis baru pun lebih kompetitif dibandingkan model terdahulu. Jika fit dan fokus, saya bisa bawa M1 bersaing jadi juara,” tandasnya.

Jadi masalah sebenarnya hanya mental. Butuh titanium itu tadi, huss. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015: Di Atas RCV 2015 Sebenarnya Pedrosa Lebih Mantap

MotoGP 2014: Selebrasi Cervera, Milik Marc – Alex Marquez

Knalpot R9 Dipakai Motor Gresini Di Balap Dunia 2015 – 2016

MotoGP 2014: Total 981 Kecelakaan Musim Ini, Terbanyak Pembalap Indonesia, Hehe..!

MotoGP 2014: Rossi (36) Bakal Bahaya, Marquez Beri Perhatian Khusus 2015

BAGIKAN