nhk

MotoGP Malaysia 2016 Jelang Race: Rossi Tidak Juara Dunia, Tidak Pengaruh Pada Market RCB

Motogp, Honda GTR
Honda GTR dengan aksesori RCB

ManiakMotor – Gelaran MotoGP Malaysia di sirkuit Sepang (29-30/10), Racing Boy (RCB) sebagai prinsipal dari produk aksesori, cukup sibuk. Mereka tak cuma mendandani Yamaha NMAX sebagai motor paddock Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. RCB Malaysia kedatangan tamu kehormatan yang merupakan distributornya dari lima negara, yakni Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Taiwan.

MotoGP, RCB, malaysia, Indonesia
Bruce Lee (kanan), Indonesia sebentar lagi menyalip Filipina

Dari kelima negara itu, Indonesia datang dengan jumlah paling banyak mencapai total sekitar 110 orang. “Mereka ini merupakan penjual terbaik di kotanya,” ujar Marcel Ganie, bos Enwan Multi Partindo, pemegang RCB di Indonesia seraya menyebut kota itu Palembang, Medan, Padang, Jakarta, Semarang, Surabaya, Bali, dan Manado.

Saat santai di belakang paddock Rossi-Lorenzo, Bruce Lee selaku CEO RCB Malaysia menjelaskan kepada portal ini. “Dari kelima negara itu, Filipina dan Taiwan tercatat sebagai penjualan terbesar. Mereka sudah cukup lama memasarkan RCB,” kata Lee. Filipina dan Taiwan, lanjutnya sudah mendekati 10 tahun.

RCB, malaysia, Indonesia
Mulai dari ECU aRacer sampai tutup covere setang bebek

Indonesia sendiri, memasarkan aksesori RCB, sebut Lee belum lama. “Ya, sekitar setahun lebih. Tapi, saya yakin Indonesia dalam waktu dekat bisa menyusul Filipina karena populasinya cukup tinggi,” sebutnya.

Ketika disinggung soal aksesori RCB identik dengan Yamaha, Lee cepat menangkis. “Tidak hanya Yamaha, kami juga punya aksesori Honda. Seperti Anda lihat di booth Honda ada GTR yang sudah dipasangi RCB,” terang Lee. Jadi, lanjutnya, pada GTR itu tak hanya pada tampilan yang lebih gagah, “Juga performanya ikut didongkrak. Harganya, antara Yamaha dan Honda hampir sama lah.”

RCB, Malaysia, sepang, Indonesia
Rombongan RCB Indonesia saat makan siang di sirkuit Sepang

Nah, di Indonesia sendiri, Marcel belum berani memastikan soal kesuksesan penjualan aksesori RCB untuk Honda GTR. “Masalahnya, di Indonesia penjualan yang banyak malah Sonic, bukan GTR,” tandas Marcel.

Sebelum mengakhiri pembicaraan dengan Lee, portal ini menanyakan dampak penjualan dari penampilan Rossi dan Lorenzo yang gagal juara dunia. “Tidak pengaruh sama sekali. Karena, image Rossi sangat kuat, baik di penggemarnya maupun motogp,” sebut Lee. “Dan kami di sini, bukan mengontrak pembalap, tapi tim Yamaha yang akan berakhir tahun depan. Jadi, Lorenzo cabut dan masuk Vinales, RCB tetap ada di Yamaha M1,” tutup Lee. Maliq

BAGIKAN