nhk

MotoGP Malaysia 2016 Jelang: Sampai Di Jakarta, Masih Ada Beban di Pundak Marquez

Marc Marquez Indonesia

 

ManiakMotor – Ngotot dan memaksakan  diri jadi juara di GP Australia membuat Marc Marquez klontang dan DNF. Tak kapok, ia bidik kemenangan lagi di Sirkuit Sepang, Malaysia, dalam ronde ke-17 pada 30 Oktober.

Meski sudah mengunci gelar 2016 di GPJepang, MM mengaku tetap ingin meraih kemenangan lagi. Bukannya rakus atau mau senang-senang, tapi itu berkaitan dengan tanggung jawabnya selaku pembalap profesional di bawah bendera Repsol Honda.

Marc Marquez di Sentul pakai Honda CBR250RR
Marquez lagi coba Honda CBR250RR di Sentul pada 25 Oktober 2016 bersama Dimas Ekky

“Saya harus bawa Honda menjadi juara manufaktur sekaligus kejuaraan tim. Tugas saya belum selesai,” kata Marquez saat sesampai di Jakarta, Inbandosia pada 24 Oktober 2016 atas undangan AHM. Marquez pada 25 Oktober ini akan menghadiri acara AHM  di Sentul International Circuit, Bogor, Jabar sebelum bertolak ke Sepang, Malaysia untuk ikut ronde 17 MotoGP 2016 pekan ini.

Pada kejuaraan manufaktur, MM memang tak sendirian membela Honda melawan pabrikan lainnya. Saat ini Honda mengumpulkan poin 341 dan Yamaha 308. Ada selisih 33 angka itu tak lepas dari peran kemenangan Dani Pedrosa (1), Jack Miller (1) dan dua kemenangan Cal Crutchlow yang juga menggenjot RC213V.

Tapi, dalam kejuaraan tim, MM jadi single fighter. Sendirian saja bertempur sejak Pedrosa harus istirahat akibat cidera. Joki pengganti Pedrosa, Hiroshi Aoyama dan Nicky Hayden,  tentulah beda kelas dibandingkan DP. Dalam kejuaraan tim ini posisi Honda terbilang rawan meski masih memimpin klasemen dengan total poin 429. Mereka hanya unggul 21 poin dari Yamaha yang andalkan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Selisih 21 angka itu sangat mungkin disusul Yamaha dalam dua race terakhir di Sepang dan Valencia.

Untuk mencegahnya tak ada kata lain bagi MM kecuali menang atau setidaknya finish di depan Rossi dan Lorenzo. Jadi, duel Honda versus Yamaha memang masih panas dan pastinya bisa memanaskan lagi duel Marquez dengan Rossi. Mengapa Rossi, ya karena doski masih Yamaha tulen sementara Lorenzo sudah separoh hatinya di Ducati!  Andro

BAGIKAN