nhk

MotoGP Malaysia 2016: MotoGP di Indonesia 2018, Alex Nurdin Jumpa Bos Dorna Ezpelata

MotoGP, Indonesia, sepang
Alex Nurdin (ketiga dari kanan) dengan Javier Alonso (kanan), Carmelo (kedua kanan), Sadikin Aksa (ketiga dari kiri), dan Ulrick Merres (kedua kiri)

ManiakMotor – Usai kualifikasi MotoGP Malaysia di sirkuit Sepang, Sabtu (29/10), ManiakMotor jumpa Gubernur Sumatera Selatan, Alex Nurdin beserta rombongan. Di antaranya dari Bina Marga, Cipta Karya dan Kemenpora. Juga ada Ketua PP IMI Sadikin Aksa, Sekjen PP IMI Jeffry JP, dan Dyan Dilato (Kepala Roda Dua PP IMI).

“Saya baru jumpa sama Carmelo Ezpelata, bos Dorna, kemudian Javier Alonso (Marketing Dorna dan Ulrich Merres dari utusan Hermann Tilke,” ujar Alex sambil menunjukkan kartu

Motogp, Sepang, Indonesia,
Alex Nurdin (kiri) menunjukkan desain sirkuit Jakabaring

nama ketika ditanya ManiakMotor kehadirannya di Sepang. Intinya, semua pertemuan ini untuk mendatangkan rombongan sirkus MotoGP ke Indonesia, khususnya di sirkuit baru di Jakabaring, Sumsel 2018.

Pembicaraan dengan utusan Tilke (Tilke yang mendesain sirkuit tak bisa datang karena sakit), karena mereka sudah menyampaikan pra desain. “Nah, di sini kita berbicara teknis untuk perbaikan desain. Sedang dengan Carmelo dan Alonso, tinggal kapan masalah penandatanganan MoU,” papar Alex.

MotoGP, sepang, Andi Gilang, Indonesia, jakabaring
Alex Nurdin menyalami Andi Gilang setelah mengumbandangkan lagu Indonesia Raya di Asia Talent Roada Racing

Makanya, lanjut Alex, dia ke Sepang untuk melihat dari dekat. Apa yang perlu dibangun dan yang tidak perlu nantinya di Jakabaring. Tujuannya, untuk efisiensi. “Dan pembangunan sirkuit ini tidak memakai anggaran APBN maupun APBD,” tegas Alex. Di sini, ia bekerja berdasarkan semangat seperti yang ia lakukan pada sirkuit Sekayu di Banyuasin saat dia masih Bupati di sana.

Pengerjaan sirkuit berjarak 4,73 km yang memiliki 14 tikungan ini dimulai pada Februari 2017. “Itu dimulai dengan pondasi. Proses pengerjaannya ditargetkan satu tahun, kemudian dikasih sper 5 bulan untuk perbaikan bila diperlukan, Berarti, pengerjaannya 17 bulan,” sebut Alex. Jadi, Juni 2018 sirkuit Jakabaring sudah rampung.

Sedangkan jadwal penyelenggaraan MotoGP di Sumsel Oktober 2018. “Jadi, satu bulan setelah Asian Games (Agustus-September), itu dilanjutkan dengan MotoGP,” bilang Alex Nurdin.

Saat disinggung soal penonton, Alex menunjuk Sepang. Banyak penonton di Sepang ini datang dari Indonesia, “Tentu biayanya mahal. Nah, kalo di Jakabaring, tentu tidak semaham mereka ke Sepang,” kata Alex.

Mengenai sarana pendukung lain, hotel bintang lima sedang di bangun. “Kemudian, komplek perkambungan atlet di Jakabaring ini bisa menampung 8.500 atlet dan official. Apalagi nanti jalan tol Jawa-Sumatera jadi, bisa lebih murah ke Jakabaring,” tutup Alex. Maliq

 

BAGIKAN