nhk

MotoGP Mandalika Lombok 2021: Serius Nih… Bos Dorna Sudah Mendatangi Presiden Jokowi

ManiakMotor – Serius nih. Setelah isu Sentul, lalu Palembang dan sekarang Mandalika di Lombok, NTB menjadi isu kencang tempat perhelatan MotoGP di Indonesia. Ditandai usai GP Qatar 10 Maret lalu, sehari kemudian para petinggi Dorna datang ke  pemerintah Indonesia. Mereka ditemui Joko Widodo yang didampingi Imam Narahwi sebagai Mentri Olahraga di istana Bogor.

Pihak Dorna langsung dipimpin pemiliknya, CEO Dorna Carmelo Ezpeleta. Dia bersama  Abdulbar M Mansoer sebagai direktur Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang punya gagasan awal dengan Ezpeleta. Juga hadir direktur Olahraga Dorna Carlos Ezpeleta dan pembalap Moto2 Indonesia, Dimas Ekky Pratama bersama rekan-rekan.

Di kesempatan itu, Jokowi menegaskan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP yang rencananya dibikin 2021 di Mandalika. “Terima kasih pada Mr Carmelo  yang datang dan bertemu dengan presiden kami. Yang terpenting presiden sudah bicara pada Mr Carmelo, bahwa Indonesia mendukung  dari bidang infrastruktur,” papar Mansoer.

Di sekitar Mandalika akan dibangun sarana pendukung seperti bandara dengan landasan lebih panjang. Juga terminal kapal feri untuk kapal kecepatan tinggi yang akan membawa pengunjung dari Bali ke Lombok. Kapal ini katanya hanya dua jam ke Lombok. “Kami akan mengandalkan Bali untuk penyediaan kamar dan hotel, sembari membangun untuk tahun-tahun berikutnya,” tambah Mansoer.

Bagi Dorna, bahwa MotoGP akan membawa banyak manfaat ke daerah itu. Contoh Malaysia, Singapura, Thailand, dan sudah menyelenggarakan MotoGP dan F1. Malah Dorna sudah mendengar Vietnam akan bikin F1. Harusnya Indonesia sebagai negara terbesar di Asean, punya MotoGP. Apalagi Lombok baru saja dilanda gempa bumi, jadi MotoGP penting untuk menarik wisatan untuk memulih ekonomi Lombok. 

“Ketika kami umumkan Sabtu lalu dengan ITDC di Qatar, telah ada perjanjian untuk menjadi tuan rumah Grand Prix Indonesia untuk 2021. Kami pikir penting untuk menyampaikan kepa presiden dan menteri olahraga. Kami telah melakukan pertemuan dengan mereka. Mereka berkomitmen melakukan hal-hal sebaik mungkin. Kami berbicara tentang proyek, tentang fasilitas dan bagi kami, sangat penting bahwa MotoGP diterima sangat digemari di Indonesia.  Juga industri sepeda motor yang besar di negara ini,” timpal  aEzpeleta.

Ayo, laksanakan. Jangan rencana doang. MM

BAGIKAN