nhk

MOTOGP Jepang: Pabrikan Besar Tolak ECU Seragam

 

ManiakMotor – GP Jepang di Sirkuit Motegi, 12-14 Oktober ini tak hanya rawan buat Dani Pedrosa – Jorge Lorenzo dalam perburun trofi juara dunia. Ini juga rawan menyangkut masa depan MotoGP, Bro!

Ceritanya nih, di Jepang akan ada miting super penting antara Dorna (promotor MotoGP) dengan MSMA yang mewakili tim pabrikan macam Honda, Yamaha, dan Ducati. Agendanya soal regulasi teknis 2014, yang salah satunya adalah penerapan ECU (Electronic Control Unit) standar.

Seperti tulisan portal ini sebelumnya, Dorna telah menjalin kerjasama dengan Magneti Marelli untuk menstandarkan ECU pada musim 2014. Musim 2013 sudah dimuali tapi sifatnya masih opsional. Artinya, tim pabrikan boleh nurut, boleh juga pakai ECU sendiri. Dorna bilang standarisasi itu demi memurahkan biaya balap, menaikkan daya saing tim agar lebih semarak, dan memangkas jarak persaingan antara tim pabrikan dan tim private CRT yang amat jomplang.

Itu jadi permasalahan besar lantaran ditolak mentah-mentah (padahal belum matang betul) oleh MSMA. Paling vokal adalah Honda. Pabrikan Jepun ini bahkan mengancam angkat kaki dari MotoGP kalau ketentuan itu dipaksakan Dorna dan selanjutnya main di Superbike. Honda beralasan justru MotoGP jadi ajang riset dan pengembangan teknologi produk mereka untuk diaplikasikan ke motor-motor komersial. Termasuk ECU. Kalau distandarisasi, mereka mau belajar apa lagi?

Ironisnya, ancaman itu jadi melempem karena mulai musim depan penyelenggaraan Superbike juga di-handle Dorna. Tapi, MSMA keukeuh dengan pendiriannya: tolak ECU standar. Mereka akan kabur dari balap dunia jika Dorna memaksakan ECU standar buatan Italia itu. Sejauh ini hanya Ducati yang agak kompromistis dengan aturan itu. Mungkin karena sesama Italia dengan Magneti Marelli.

Ancaman MSMA jelas bukan gertak sambal. Mereka pernah tinggalkan Superbike pada musim 2003 akibat regulasi teknisnya bertentangan. Bila Dorna kini ngotot memainkan kemauan sendiri, bukan tak mungkin para anggota MSMA pun bersatu untuk angkat kaki. Dan, selanjutnya, berkiprah di balap-balap kejurnas macam Indoprix, hehehe. Andro

BERITA TERKAIT:

Dorna Ngotot Standarkan Teknologi Elektronik MotoGP (ECU)

MotoGP; Sambut ECU Baru, Pembalap Bertanya Aspek Keselamatan

ECU Baru Yang Katanya ‘Murah’ Buat MotoGP

Teknologi MotoGP : ECU Dikawinkan GPS

MotoGP Jepang, Pedrosa Urutan Tiga Di Honda

 

BAGIKAN