nhk

MotoGP Misano 2016 Jelang FP1/FP2: Rossi, 7 Kemenangan Berbeda Joki, Tidak Semuanya ECU, Juga Cuaca

ManiakMotor –  Tujuh kemenangan dari 7 seri lalu yang berganti-ganti ada benarnya pengaruh ECU seragam. Pula nggak salah juga akibat dari kondisi cuaca yang ‘keriting’. Boleh dipisahkan kemenangan Jack Miller di Assen dan Cal Crutchlow di Brno. Demikian juga menangnya Andrea Iannone di GP Austria dan Maverick Vinales di Silverstone.

Dari empat pembalap di atas, tiga kemenangan lain gantian diperoleh yang ‘memang haknya’, yakni Marc Marquez, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.  “Saya setuju ada pengaruh ECU dengan software seragam membuat pembalap makin dekat satu sama lain. Tapi ingat, juga sangat dipengaruhi kondisi cuaca yang sulit buat peserta, tapi ‘lucu’ buat penonton,” kata Rossi dalam jumpa pers wajib pada Kamis 8 September 2016 di San Marino. Rossi yang satu

Rossi memang satu-satunya dalam jumpa pers tersebut yang mengaitkan dalam 7 seri lalu dijuarai pembalap berwajah beda dengan cuaca. Sedang yang lain, satu suara soal elektronik. Kata mereka, berganti-gantinya pembalap yang juara dipengaruhi ECU ditambah ban.

Bahkan Maveric Vinales menekankan soal ECU ini pada pengaruh motornya. Katanya, tahun lalu mereka menggunakan ECU yang sangat serderhana pada Suzuki GSX-RR-nya. “Tapi sekarang, semua menggunakan ECU seragam satu sama lain,” kata Vinales yang hadir dalam jumpa pers yang sama jelang Misano di San Marino.  

Kesimpulannya menurut Rossi belum semuanya pengaruh dari ECU yang seragam  Bisa saja, kemenangan  dari Iannone dan Vinales yang murni dipengaruhi ECU. Alasannya, keduanya menang dalam kondisi normal. Dua kemengan lain dari Miller dan Cruthlow belum bisa disebut pengaruh ECU karena berlangsung dalam kondisi cuaca seperti kata Rossi.

Sedang kemenangan Lorenzo, Marquez dan Rossi, ya memang mereka harus menang, hehe. Lalu tunggu ronde 13 di Misano, apakah masih pembalap berbeda yang muncul di podium pertama. Tinggal lihat cuaca dan ECU-nya. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016 Misano (Jelang FP1/2): Pakai M1 2017, Vinales Ingin Rebut Gelar Jurdun, Eh Masih Ada Rossi

MotoGP 2016 Misano (Jelang FP1/2): #58 Dipensiunkan, #46 Diiklaskan Rossi

MotoGP Misano 2016 Jumpa Pers: Rossi, Marquez dan Lorenzo, Malah Bicara ECU Dan Ban

MotoGP Misano 2016 (Jelang FP1): Masih Demam, Maverick dan Suzuki Songsong Prestasi Lanjutan

MotoGP 2016 (Jelang Misano): Tradisi Apik di Misano, Saatnya Unggulkan Lorenzo

BAGIKAN