nhk

MotoGP Misano 2016 Jelang FP3/FP4/Q2: Kagetan Dari Pol, Tanda-Tandanya Pedrosa

 

ManiakMotor – Belum pernah sih sepajang tahun ini hari pertama sesi, Pol Espargaro (Yamaha Tech3) bisa tercepat. Demikian juga Dani Pedrosa (Repsol Honda Team) dari 12 seri lalu, posisi terbaiknya pada hari pertama sesi bisa kedua di FP2 Argentina.

Si Pol yang tahun depan sudah di KTM itu bisa melakukannya di FP2 yang menjadi tercepat di hari pertama di sirkuit Misano, San Marino, pada Jumat 9 September 2016. Pol mencetak 1’32.759 yang disusul Pedrosa 0.065 detik kemudian. “Ya saya memang menikmati dengan Yamaha M1 di hari pertama di Misano. Sejak FP1 saya merasa baik dengan pilihan ban. Diharapkan pilihan ini akan sesuai sampai race,” kata si Pol yang entah mimpi apa bisa melejit tercepat.

Pol memang datang dengan motor baru (motor lama hancur di Silverstone). Sebut baru semua onderdilnya masih segar. “Tahun lalu saya kencang di Misano. Musim ini lebih bagus karena dapat grip ideal di roda depan maupun belakang. Bisa main agresif dan buka gas sejak dini. Benar-benar nyaman di atas motor,” tambah Pol yang gunakan komposisi ban medium (depan) dan soft (belakang) saat cetak best time-nya.

Kondisi kaki Pol sebenarnya masih rada sakit. Pol harus ada izin khusus dokter untuk tampil di Misano. Itu dari hasil tubrukan dahsyatnya dengan Loris Baz di GP Inggris yang bikin gara-gara. Pol menderita luka di kaki, sementara Baz harus ke rumah sakit dan saat ini tak bisa tampil di Misano. “Kalau sudah di atas motor, apalagi menikmatinya, rasa sakit itu akan lupa,” tambah Pol.

Kecelakaan itu walau dihindari, tapi ada juga berkatnya. Pol diberi M1 baru yang  tampil cemerlang di sesi pembuka. Menurut adik kandung Aleix Espargaro itu, dia cepat mendapatkan set-up sesuai riding style-nya. Alokasi ban pasokan Michelin pun mendukung. Terlebih untuk ban depan yang diproduksi khusus untuk seri Misano. Tapak bannya dibuat sedikit lebih lebar dari ban regular demi stabilitas di tikungan. Michelin memproduksi ban itu berdasarkan uji coba sebelumnya di Misano.

Ini memang baru sesi awal, perjalanan masih panjang. Tapi, jika di sesi Sabtu (10/9) ini ia masih bisa pol-polan, bisa jadi tren para juara baru akan berlanjut. Dalam 7 seri terakhir muncul 7 jawara berbeda. Nah, jika harus ada jawara ke-8, rasanya Si Pol inilah yang masuk daftar. Tentu juga tak melupakan Pedrosa.  

Pedrosa pun langsung angkat bicara soal kondisi lintasan yang baginya langsung cocok. Dia bisa membuka kecepatan sesuai nalurinya. “Fakta di hari pertama ini, lintasan Misano besih sehingga mudah dapat grip. Di saat sama cuaca juga mendukung. Tapi ini baru hari pertama dan penyetelan motor akan dilanjutkan pada hari kedua,” kata Pedrosa yang sebenarnya di Silverstone kemarin sudah mulai membaik. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Misano Dan Moto2, Moto3 9 – 11 September 2016

MotoGP Misano 2016 Jelang FP3/FP4/Q2: Rossi Marah Pada Aleix, Penyetelan Balance M1

MotoGP Misano 2016 FP2: Pol Yang ‘Pol’, Pedrosa Kedua, Ketiga Dovizioso

MotoGP Misano 2016 FP1: Rossi Tercepat Latihan Bebas Pertama, Pol Kedua

MotoGP Misano 2016 Jelang FP1/FP2: Rossi, 7 Kemenangan Berbeda Joki, Tidak Semuanya ECU, Juga Cuaca

 

BAGIKAN