nhk

MotoGP Misano 2019: FIM Hanya Tindak Track Limit Pada ‘Insiden’ Rossi-Marquez Di Q2

ManiakMotor – FIM Stewards alias jury lomba MotoGP di Misano tidak menindak tegas Valentino Rossi dan Marc Marquez di sesi akhir Q2 atau kualifikasi MotoGP di sirkuit Misano, San Marino, Italia pada Sabtu 14 September 2019.

“Waktu flying lap (lap terakhir) kedua pembalap dibatalkan,  karena keduanya telah melampaui batas lintasan (track limit) sebelum insiden. Tidak ada tindakan lebih lanjut yang perlu diiambil,” kata  pernyataan FIM dari insiden Marquez vs Rossi.

Cerita di sesi akhir Qualifying 2 atau Q2 terlihat memang Marquez sedang menunggu pembalap yang boleh diikutinya. Mirip dengan Q2 di Silverstone lalu yang kebetulan juga menguntit Rossi. Cuplikan dalam video langsung bicara menunjukkan Marquez memang begitu dan kemudian mendekati Rossi di R11 sekaligus menyalipnya di ujung tikungan masuk.

Tapi di saat sama, tumben-tumbennya catatan Rossi tidak lebih cepat dari putaran sebelumnya. Padahal saat itu dia menggunakan ban segar kedua yang artinya sudah mematok akan lebih kencang. Dan dia memilih 3 menit terakhir keluar dari pit. Mungkin saja – hanya mungkin – dia tahu Marquez akan memanfaatkan dirinya sebagai obyek mengejar dan berlindung dari terpaan angin (slipstreaming) agar kencang di Q2.

Makanya Marquez meluncur lebar karena ternyata Rossi tidak sekencang dia dan tidak memberi jalan di R11. Maka Marquez menginjak track limit  yang ada cat hijau tersebut di R11. Khusus Rossi justru disebut oleh FIM sudah menginjak track limit di R6.

Maka keduanya dibatalkan oleh pengawas lomba catatan lap terakhir tersebut, walau sebenarnya nggak lebih kencang dari lap-lap sebelumnya, lantaran keduanya menjadi seperti balapan benaran. Karena dari R11 dan Marquez berhasil menyalip, Rossi menyalip ulang di R14 tapi usai menyalip malah memelankan motornya dan seperti out dan nyaris ditabrak Marquez. 

Duel keduanya ini mirip-mirip  dengan bentrokan terkenal di sirkuit Sepang 2015 yang berakhir Marquez jatuh dan Rossi pada lomba berikutnya dihukum start dari paling belakang. Dan keduanya pun sudah memberi pernyataan pada insiden tersebut. Rossi menganggap Marquez punya tabiat selalu mengikuti pembalap lain di ujung sesi. Dan Marquez bilang angkat tangan bukan berarti maaf, tapi memprotes. Walah rame. M11

BACA JUGA

Jelang Race MotoGP Misano 2019: Rossi Sebut Marquez Memperlambat Dirinya Di Q2

Jelang Race MotoGP Misano 2019: Pernyataan Marquez Insiden Q2 Dengan Rossi, Angkat Tangan Bukan Maaf..!

Hasil MotoGP Misano 13 – 15 September 2019 Moto2 dan Moto3

Q2 MotoGP Misano 2019: Vinales Pole, Kejutan KTM, Rossi-Marquez Nyaris ‘Duel Benaran’

FP4 MotoGP Misano 2019: Marquez Tercepat, Kecepatan Lomba Honda Dan Yamaha Imbang

MotoGP 2019: Marquez Tantang Joki Italia Keluarkan Kemampuan, Walah..!

BAGIKAN