nhk

MotoGP Misano 2019: Yang Berhak Klaim Juara Duluan Quartararo, Tercepat Saat Test

ManiakMotor – Judul di atas memang benar. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) saat tes resmi MotoGP dua minggu lalu di Misano yang tercepat. Sepanjang test juga dia di depan. Berhak dong ingin yang pertama alias juara di sirkuit yang sama saat lomba MotoGP pada Minggu 15 September 2019.

Rookie MotoGP 2019 dari Prancis itu, dari empat sesi test di Misano pada 29 – 30 Agustus lalu, hanya sesi ke-3 lolos dari tangkapannya, “Dengan hasil test tersebut, tentu saja saya ingin juara. Dan inginnya segera bertanding setelah jatuh di Silverstone,” kata Quartararo yang pegang M1 milik tim satelit yang cuma dijatah 5 mesin per musim, karena itu rpm motornya dikorting 500 agar awet.

Quartararo ingin lebih lagi dari sekadar yang dia dapat saat test. Tapi itu katanya tetap lewat   tahapan. Motor harus disetel ulang pada ban dan elektronik. Tapi dia dan timnya mengaku sudah punya dasar untuk jadi patokan. Tinggal mematangkan saat FP1 dan seterusnya. Ingat ya FP1 hari Jumat ini pada pukul 14.00 waktu Indonesia Barat.

Quartarao juga mengerti sih, katanya saat test nggak semua pembalap mengeluarkan kemampuan sebenarnya. “Karena sebagian besar mereka mengetes motor baru untuk tahun 2020. Mereka tidak fokus pada kecepatan saat itu Kecepatan sebenarnya mulai terlihat sejak sesi FP1 dan FP2,” tambah Quartararo yang yakin dia juga masih bisa menambah kecepatannya di Misan.

Karena saat tes katanya cengkeraman bannya belum maksimal, masih bisa disetel untuk ditingkatkan. Di beberapa tikungan terutama T14 dia juga belum dapat point-point yang tepat. Termasuk penyetelan motor yang dianggapnya akan lebih saat lomba benaran. M11