nhk

MotoGP Motegi 2016 Jelang FP1: Rossi Kubur Gelar Juara Dunia, Ini Targetnya Di Jepang

MotoGP, Motegi, jepang, Rossi, Marquez, Lorenzo

ManiakMotor – Valentino Rossi sudah mengubur dalam-dalam perburuan gelar juara dunia motogp 2016. Pake matek-matik dari planet sekalipun, dengan selisih 52 angka atas Marc Marquez sudah tidak mungkin terkejar. Kecuali, di Motegi besok (16/10), pebalap Repsol Honda terjatuh dan di tiga seri berikut bermasalah. Tapi, itu hal yang mustahal…eh salah deng, hal yang mustahil.

Makanya, di empat sisa balapan, VR punya dua target utama. Pertama, merebut runner-up dunia. Ini yang masih bisa diperebutkan dan Vale harus bersaing sama rekan setimnya, Jorge Lorenzo karena hanya unggul 14 angka. Ia sangat tak rela posisi itu jatuh ke tangan JL lantaran pebalap Spanhyol ini akan hijrah ke Ducati musim depan.

Target kedua, memberi kemenangan pertama pada paruh musim kedua buat Yamaha. Memang, sejak dari Belanda (seri 8) sampai Aragon, Spanyol (seri 14), Yamaha belum menuai kemenangan. Malah dari 7 balapan, 5 direbut Honda dan dua sumbangan dari tim satelit lewat pebalap Jack Miller (Belanda) dan Cal Crutchlow di Ceko.

Artinya, Honda RC213V betul-betul tangguh di sesi paruh kedua. Sementara Yamaha yang begitu ganas di paruh pertama dengan 5 kemenanga, justru keok di 7 seri kedua. melihat performa Yamaha yang kalah cepat sama Honda terutama ke luar tikungan (akselerasi), apa mungkin Rossi bisa menyumbang kemenangan.

Bisa saja! Ada faktor lain yang ikut menyemangati The Doctor raih kemenangan. Paling dekat, tentu MotoGP Jepang di sirkuit Motegi. “Saya suka dengan tiga balapan di luar negeri. Sirkuitnya sangat fantastis. Di atas kertas Yamaha sangat kuat,” jelas Rossi.

Lha, kalo saat balapan turun hujan, kertasnya hancur, dong. Berarti, kekuatan Yamaha jadi berantakan. Mestinya, di atas trek, Rossi. Tapi, bagaimana pun ia mengaku senang berlaga di Jepang.

Karena, Motegi, lanjutnya adalah rumah Yamaha. “Saya suka trek dan suasana. Saya dalam kondisi baik dan siap berjibaku di tiga balapan berturut-turut,” tegas VR. Harapan Rossi bisa menang di Motegi juga jadi im;pian dari Direktur Tim Yamaha Massimo Meregalli. Rezki

BAGIKAN