nhk

MotoGP Motegi 2016 Jelang FP1/2: Lorenzo Senang, Yamaha Mungkin Izinkan Dirinya Tes Ducati di Valencia

MotoGP, Lorenzo, Rossi, Motegi, jepang,

ManiakMotor :Usai konferensi pers di sirkuit Motegi, Jepang, kemarin (13/10), Jorge Lorenzo diserbu wartawan. Pertanyaan bukan soal peluangnya merebut runner-up dunia, tapi tidak bisa ikut dua tes bersama tim barunya Ducati pada di Valencia ditambah Jerez (tes pribadi), November ini.

“Saya sangat menghormati apa pun keputusan yang dibuat Yamaha. Karena, kami sudah cukup lama bersama menghabiskan waktu dan saya pantas mendapatkannya,” sebut Lorenzo yang kontraknya sama Yamaha berakhir Desember 2016. Mendapatkan yang dimaksud adalah mengoleksi 43 kemenangan ditambah gelar tertinggi, juara dunia sebanyak 3 kali (2010,2012,2015).

Kondisi seperti Lorenzo ini pernah juga dialami Valentino Rossi pada 2003. Ketika itu, Honda juga tidak memberi izin Rossi untuk mengikuti program tes Yamaha lantaran kontraknya masih berjalan. Bedanya sama tahun ini, pada November nanti dimasukkannya jadwal tes kedua.

Di sisi lain, Maverick Vinales yang tahun depan jadi tem setim Rossi di Yamaha paling beruntung. Pembalap Spanyol yang memenangkan balapan di Silverstone, Inggris itu mendapat lampu hijau dari Suzuki. Ia boleh menjajal Yamaha M1 di Valencia dan Sepang.

Ada bocoran, kemungkinan Lorenzo akan dipersilakan mencoba Ducati Desmosedici GP17 di Valencia, sedang Jerez tidak. “Sebetulnya, saya justru ingin tes yang di Jerez. Ya, tapi itu sesuatu yang semuanya tergantung saya sendiri,” kata Lorenzo di Motegi. Sepertinya,  lanjut Lorenzo, Yamaha menutup pintu untuk tes di Jerez.

“Ya, kita akan lihat apa yang terjadi nanti,” tutup JL. Rizki

BAGIKAN