nhk

MotoGP Motegi 2016 Jelang FP1/2: Rossi ‘Protes’ Tiga Balapan Berturut-Turut, Lho Kok Baru Sekarang, Bro!

MotoGP, Rossi, Motegi, Yamaha, VR46, The Doctor

ManiakMotor : Valentino Rossi membuat pernyataan cukup mengejutkan dalam konferensi pers di sirkuit Motegi, Jepang, kemarin (13/10). Pembalap Yamaha berusia 37 tahun itu mengusik jadwal 3 balapan (Motegi, Phillip Island, dan Sepang) berlangsung setiap minggu, tanpa ada jedah satu minggu. “Dengan segala hormat, saya tidak suka tiga balapan berturut-turut, itu bikin stres besar,”  sebutnya.

Anehnya, kenapa The Doctor memprotes baru sekarang? Padahal, 3 balapan yang berdekatan itu bukan mulai tahun ini, sudah digelar sejak 2006. Hanya, di antara ketiga negara itu bergantian sebagai awal setelah tur dari Eropa.

Bisa dimaklumi jika VR menyuarakan protes soal tiga balapan itu. Ya, apalagi kalau bukan karena faktor “U” alias umur. Ini tentu berkaitan dengan fisik. Karena, dengan usia 37 tahun dituntut harus fit membesut motor dengan kecepatan di atas 320 kpj. Rossi memang paling tua dibandingkan pesaingnya seperti Marquez (23), Maverick Vinales (21), Lorenzo (29), Iannone (27), dan Dovizioso (30).

Tapi, alasan Rossi bukan soal umur. Ya, iya lah, mana dia mau ngaku kalo udah ‘tuwir’ (tua, he..he). Alasannya, “Tiga balapan berturut-turut selalu rumit. Ini bukan cara terbaik. Sebab, jika punya masalah kecil (kecelakaan) di pertama, Anda harus membayar banyak di seri berikutnya,” tegas VR.

Di sisi lain, lanjutnya, Anda banyak berada di atas motor dan harus bisa lebih cepat dan lebih cepat. “Memang, ini tiga balapan yang fantastis. Saya suka Motegi, terlebih di Pihillip island dan Sepang,” ujar Rossi.

Sementara rekannya, Lorenzo mengambil sisi positif dengan tiga balapan ke depan. “Ini memang sulit. Tapi, secara pribadi saya suka berada di atas motopr yang lama. Normalnya, usai balapan pertama, semua otot Anda harus lebih siap dan Anda memiliki lebih sedikit masalah,” ungkap Lorenzo.

Wah…nyindir Rossi, nich! Rizki

BACA JUGA

Hasil MotoGP Motegi, Jepang, Moto2, Moto3, 14 – 16 Oktober 2016

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

BAGIKAN