nhk

MotoGP Motegi 2016 Jelang FP1/FP2: Suzuki Tak Lagi Anak Bawang, Vinales Oke

Maverick Vinales MotoGP Jepang

ManiakMotor – Sama-sama pabrikan Jepang, tapi tahun lalu Suzuki sama sekali tak masuk hitungan di GP Jepang, Sirkuit Motegi. Tenggelam oleh hiruk-pikuk rivalitas Honda dan Yamaha. Beda sekarang, GSX-RR bisa pulang kampung dengan gagah perkasa.

Sepanjang musim ini performa GSX-RR memang woke dibesut rider Maverick Vinales. Tak hanya bikin repot anak-anak Honda dan Yamaha saat kualifikasi dan race, tapi juga mampu podium dan bahkan menang di Silverstone.

Karena itu Vinales berani menjamin kali ini Suzuki bukan lagi anak bawang, tapi layak diperhitungkan. “Saya sangat percaya diri dan nyaman di atas GSX-RR. Performa motor membaik dari satu race ke race berikutnya. Juga makin paham kinerja perangkat elektronik dan kaitannya dengan setingan motor. Yakin bisa kompetitif di semua kondisi, lintasan kering ataupun hujan,” kata Vinales yang mengaku sudah punya solusi set up utama untuk kedua kondisi tersebut.

Meski begitu, ia juga akui masih ada sedikit masalah dengan pilihan ban di roda depan. Belum temukan kecocokan yang diinginkan dengan semua tipe ban depan yang dipasok Michelin. “Semua berkembang, kecuali roda depan. Saya belum paham juga bagaimana harus menguatkan area itu. Mungkin itu berkaitan dengan riding style,” tandasnya.

Sayangnya, Vinales sudah tanggung untuk mengubah gaya balapnya, karena tahun depan tinggalkan GSX-RR dan beralih membesut Yamaha M1. Andro

BAGIKAN