nhk

MotoGP Motegi 2016 Jelang FP3/FP4: Honda Tunjuk Hiroshi Oayama Gantikan Dani Pedrosa

MotoGP, Repsol Honda, Marquez, Motegi, Jepang, Aoyama

ManiakMotor – Kecelakaan hebat yang dialami Dani Pedrosa saat mengikuti FP2 di sirkuit Motegi, Jepang (14/10) membuat pembalap Spanyol tidak bisa tampil di ronde ke-15, akhir pekan ini. Ia langsung diterbangkan pulang ke negara asalnya untuk operasi tulang selangka yang retak dan kemungkinan absen di Phillip Island.

Mundurnya DP tak berarti tim Honda hanya mengandalkan Marquez seorang. Manajemen Honda sudah menunjuk test ridernya Hiroshi Aoyama. Dani pun merestui pembalap Jepang itu. “Keinginan terbaik saya untuk Hiroshi yang menggantikan saya. Ia akan berlomba di depan pendukungnya,” bilang DP.

Nah, Aoyama sendiri bukan orang baru di arena balap kelas primer ini. Mantan juara dunia 250 cc (sebelum moto2) 2009 ini sudah malang-melintang di motogp selama empat musim dengan hasil terbaik keempat. Adapun tugas sebagai penguji diembannya mulai 2014.

Soal ia menggantikan posisi Pedrosa sekarang ini juga bukan yang pertama. Tahun lalu, dirinya juga pernah saat Master of Motegi – julukan DP – harus menjalani operasi lengan.  Ia ikut tiga seri balapan dengan hasil terbaik finish ke-11.

“Pertama-tama, saya sangat menyesal untuk Dani dan semoga ia cepat sembuh,” ujar Aoyama. Ini bukan cara terbaik untuk datang ke suatu perlombaan. “Tapi, aku berusaha memberikan yang terbaik untuk Honda di depan teman-teman dan pendukung,” tambah Oayama yang tampil tidak pakai nomor start 7 tapi 73. Nomor itu pernah dipakai saat berlaga di 250cc. Rezki

 

BAGIKAN