nhk

MotoGP Motegi 2016 jelang FP3/FP4: Ini Tuntutan Rossi Menghadapi Latihan Sebelum Kualifikasi

MotoGP, Rossi, The Doctor, Motegi, Jepang

ManiakMotor – Hari yang membingungkan. Begitu keluh Valentino Rossi usai menjalankan FP1 dan FP2 di sirkuit Motegi, Jepang, kemarin (14/10). Hari ini, katanya, ia harus bekerja dan coba untuk mendapatkan kondisi motor yang terbaik. “Saya tidak puas dengan setelan dan keseimbangan motor,” tegas The Doctor yang dalam latihan bebas kemarin diakhiri dengan insiden dirinya.

Wajar kalo VR bingung. Padahal, cuaca bagus. Ketika pagi, ia mengaku penampilan tidak begitu buruk dan cukup cepat dengaan hasil urutan keeempat FP1. Siangnya, sangat sulit. Ia mencoba pakai ban kompon keras pada kedua roda dan tidak memberi grip yang baik. Perasaannya dengan motor pun hilang.

“Akhirnya, kami kembali pakai ban lembut. Saya dapat meningkatkan waktu, tapi masih tidak cukup. Namun, soal setting dan keseimbangan masih belum sesuai,” keluh VR.

Solusinya, tim coba memodifikasi cukup banyak untuk sesuatu yang beda di luar kebiasaan. Di antaranya, ia harus melakukan pengereman kuat di tikungan tajam. “Ternyata, aku tidak kuat, meski jaraknya tidak tertinggal jauh,” paparnya.

Bahayanya lagi, tambah Rossi, ketika FP2 suhu udara turun sangat cepat kendati cuaca cerah. Ini yang membuat banyak pembalap jatuh, termasuk Dani Pedrosa dan Eugene Laverty sampai highsides (terbang ke udara). Dani retak tulang selangka, sedang Laverety harus CT Scan.

Dari kejadian itu, Rossi pun sudah mengantisipasi akan mengubah keseimbangan motor dan mencoba lebih kuat saat FP3 dan menjajalnya di FP4. Ya, asal tidak turun ke Q1 aja, Doc! Rezki

BAGIKAN