nhk

MotoGP Motegi 2016 Jelang FP3/FP4: Lorenzo Tampil Ceria Karena Ini Keputusan Yamaha Buatnya

motegi-lorenzo-fp3

ManiakMotor – Hari ini (15/10) ketika mengikuti FP3 hingga lomba ronde ke-15 sebagai MotoGP Jepang di sirkuit Motegi (besok), Jorge Lorenzo diliputi rasa senang yang tinggi aalias sumringah. Penyulutnya, ke luarnya keputusan tim yang sangat ditunggu-tunggu pembalap Spnayol itu.

Keputusan itu, Yamaha telah mengkonfirmasi bahwa juara dunia tiga kali itu diizinkan ambil bagian dalam sesi tes bersama Ducati. Tapi, izin itu hanya untuk di Valencia, tidak tes kedua (privat) di Jerez (Spanyol) atau Sepang (Malaysia).

“Anda tidak bisa membandingkan situasi Rossi dengan Honda, untuk posisi Lorenzo dengan Yamaha. Ya, dengan memberi izin dua hari untuk tes di Valencia, kami pikir cukup masuk akal lah,” sebut Lin Jarvis, Direktur Yamaha Racing membela kubunya yang diberitakan media telah melarang Lorenzo tes bersama Ducati.

Dalam kontrak, lanjut Jarvis, tidak disebutkan pembalap Yamaha memiliki hak otomatis untuk menguji motor tim lain atau melakukan apa pun untuk produsen lain, selagi masih di bawa kontrak. “Nah, kontrak Jorge (Lorenzo) berakhir 31 Desember,” tegasnya.

Pertimbangan lain Yamaha memberi lampu merah bagi Lorenzo tes kedua, lebih pada kepentingan bisnis. Diuraikan oleh Jarvis, pihaknya cukup banyak mengeluarkan kocek untuk kontrak pembalap. Dan tentu, investasi itu bisa kembali, meski tidak pernah tahu seperti apa hasilnya. Lebih dari itu, Anda harus bisa menggunakan pembalap itu dengnan baik.

“Nah, itu tidak hanya Yamaha, tentu juga jaringan global kami dan semua sponsor dan kitra kerja kami,” tandas Jarvis. Ketika disinggung soal Maverick Vinales dan Andrea Iannone yang boleh ikut kedua tes, Jarvis pun menjawab ringan.

“Apa Anda tahu seperti apa kontrak Vinales? Apakah Anda tahu Suzuki membiarkan dia bebas untuk melakukan tes? Saya tahu sedikit soal apa yang terjadi dengan kontrak dan setiap kontrak dinegosiasikan berdasarkan kondisi tertentu. Sementara kontrak kami dengan syarat pembalap tidak bebas,” tutup Jarvis.

Ya, beruntung lah Lorenzo bisa ikut satu tes. Rezki

BAGIKAN