nhk

MotoGP Motegi 2016 Jelang: Mengapa Marquez Masih Perlu Jaga Rossi?

Marc Marquez vs Valentino Rossi jelang Motegi 2016
ÿþ

 

ManiakMotor – Valentino Rossi sudah bilang mustahil mengejar point Marc Marquez di klasemen. Dia sudah tertinggal 52 angka, sementara balapan hanya menyisakan 4 ronde. Tapi, sebaliknya dengan MM, merasa masih harus perhitungkan senior berjuluk The Doctor itu.

“Selisih poin itu memang sangat menguntungkan. Tapi, harus diingat, kondisi teknis (ban dan regulasi baru) saat ini beda, motor sangat mudah terjatuh. Saya masih harus waspada dan berkonsentrasi penuh di balapan berikutnya,” tegas MM yang belakangan memang acap kecelakaan, tapi untungnya tidak terjadi saat balapan yang nggak ngaruh pada poin.

Di Aragon lalu, kata MM, motivasinya adalah mengalahkan Rossi. Bukan hanya untuk amankan poin, tapi sekaligus upaya meruntuhkan semangat lawannya. Itu sebab ia ngotot mengejar VR46. Setelah sukses menyalip The Doctor, barulah ia berpikir menang karena situasi dan kondisinya sangat memungkinkan.

“Sangat penting mengalahkan Rossi, setelah ia kalahkan saya di beberapa bapalan sebelumnya. Kalau tidak, maka mental dan kepercayaan dirinya akan semakin kuat dan tambah kuat, sementara di pihak saya bisa saja mulai muncul keragu-raguan,” katanya.

Kini semakin kokoh di klasemen, maka di balapan selanjutnya hanya dua hal yang harus dijaga Marquez. Pertama adalah menjaga diri sendiri agar tak jatuh saat balapan. Kedua menjaga posisi finish tak jauh dari Rossi jika situasinya tak mungkin mengalahkannya. Ini akan diterapkan MM selama gelar juara dunia 2016 belum di tangan.

Ia sendiri tak ingin pertarungan gelar 2016 berlanjut sampai seri terakhir di Valencia pada 13 November. Tapi juga tak realistis berharap kepastian gelar itu terjadi di GP Motegi pada 16 Oktober nanti dia harus berselisih 75 angka. Kemungkinan besar MM akan pastikan gelar jurdun ke-3-nya di GP Australia (23/10) jika bisa pertahankan keunggulan 50 poin. Jika tidak, pastinya terjadi di GPSepang (30/10).

Nah, itulah sebab MM masih harus jaga Rossi di Motegi ataupun Australia agar bisa leha-leha dan cari kepuasan balap tanpamikir resiko di dua seri terakhir. Andro

BAGIKAN