nhk

MotoGP Motegi 2016 Jelang: Ramai, Perseteruan Honda vs Ducati di Level Pemimpin Soal Winglet

Winglet Ducati Dilarang

 

ManiakMotor – Ribut-ribut soal winglet masih lanjut. Kini malah jadi perang terbuka di media antara bos Ducati Luigi ‘Gigi’ Dall’Igna dengan bos Honda Shuhei Nakamoto. Saat pembalap mereka adem ayem saja, kedua pemimpin itu malah saling serang.

Seperti sampeyan sudah tahu, winglet (sayap untuk mengatur aerodinamik) dilarang  pada musim 2017. Yang paling dirugikan adalah Ducati lantaran komponen itu membantu mereka bersaing dengan Honda dan Yamaha. Tentu saja Gigi ndak terima dan serta merta menuduh Honda di balik pelarangan itu dengan mengatas namakan safety.

Wawancara terakhirnya dengan media beberapa waktu lalu, Gigi meyakini Honda yang jadi tukang kompor. “Mereka memanasi  Grand Prix Comission untuk melarang penggunaan winglet,” sebut Gigi dengan geraham yang geregetan.

Gigi juga mengacu pada komentar Marc (Marquez) usai dihajar motor Andrea Iannone di GP Argentina. Kamera di buntut RC213V rusak tersenggol winglet Ducati, “Perangkat kamera saja rusak apalagi menyentuh badan pembalap. Bahaya itu!” seru Marquez.

Dalam kesempatan lain, MM menyebut winglet menghadirkan turbulence (putaran angin) pada pembalap di belakangnya, terutama di trek lurus. “Bukan saja sulit, malah sangat berbahaya untuk menyalip,” kata si anak emas Honda ini yang belakangan wingle pada RC213V-nya makin besar-besar.

Komisi keselamatan MotoGP yang dipimpin Loris Capirossi yang notabene mantan anak Ducati, juga mendukung larangan winglet dengan alasan safety. “Ada yang suka, ada yang tak suka winglet. Itu realitanya. Saya heran mengapa Ducati menuduh Honda sebagai dalang. Ia bohong dan memanipulasi fakta. Semua pabrikan Jepang sepakat dalam rapat, Aprilia juga setuju pada beberapa aspek. Tapi, Ducati hanya bisa katakan tidak…tidak, dan tidak. Mereka harus bisa buktikan keseimbangan dan keamanannya, jangan menunggu sampai ada celaka duluan. Sesungguhnya Ducati juga tak ingin ada winglet tahun depan, ” cecar Nakamoto yang justru menduga winglet itu hanyalah untuk keperluan pasar komersial Ducati di masa depan.

Nah, apakah perseteruan para bos ini bertambah ramai nantinya? Ditunggu serangan balik dari Gigi! Monggo bos! Andro

BAGIKAN