nhk

MotoGP Motegi 2016 Jelang: Rantai Motor Rossi Harus Ganti Setiap 500 km

MotoGP, Yamaha, Rossi

 ManiakMotor – Rantai pada motogp tergolong salah satu komponen vital dan punya tugas cukup berat, bro. Bayangkan, ia harus bisa menyalurkan tenaga mesin balap minimal 220 HP ke roda belakang. Makanya, minimal dua kali lomba (dua ronde) aja sudah harus diganti.

Sebagai contoh, Yamaha M1 yang ditunggangi Valentino Rossi. Yamaha mengandalkan rantai DID jenis ERV3 ukuran 520-525 dengan jarak antar pin 5/8 inci dan lebar bagian dalam 5/16 inci. Mengingat tenaga yang disalurkan cukup besar, tentu harus diimbangi dengan kualitas dan daya tahan sprocket yang mumpuni.

Besarnya beban tenaga yang diterima rantai, yakni saat  launch control bekerja. Itu terjadi kala hendak start, lalu keluar tikungan dan di trek lurus. Makanya, sprocket gear yang dipasang pada roda belakang terbuat dari titanium yang dirancang khusus untuk kompetisi.

Rantai DID ERV3 mempunyai tingkat presisi material lebih padat dengan kontur lebih kokoh dan fleksibel. Kekuatan dan durabilitasnya di angka 8.660 Pounds Tensile Strenght. Ini setara kuatnya menanggung beban sekitar 4 ton. Karena tugasnya cukup berat, maka setiap menempuh 500 km rantai sudah harus diganti baru. MM

BAGIKAN