nhk

MotoGP & Moto2 2013 Catalunya: Geliat Inggris di Tanah Matador

ManiakMotor – Dibandingkan Italia dan Spanyol, tradisi Inggris di balap motor Moto2 maupun MotoGP tidaklah semarak. Agar lebih terdongkrak, kini tugas ada di tangan Cal Crutchlow dan Scott Redding.

Kedua pembalap dari negeri yang lebih ngetop sepakbolanya itu, saat ini tengah menikmati saat-saat manis. Redding memenangi dua seri Moto2 beruntun di GP Prancis dan Italia. Hebat, karena terakhir kali rider Inggris yang bisa menang beruntun di dua seri Grand Prix hanyalah Barry Sheene pada tahun 1977.  

Redding baru bisa menyamainya setelah 36 tahun dan bakal jadi rekor besar bila mampu kembali juara di GP Catalunya akhir pekan ini. Jelas bukan hal mudah untuk bikin hattrick di ‘kandang macan’ karena lawan-lawannya adalah pebalap tuan rumah macam Nicolas Terol, Esteve Rabat dan Pol Espargaro yang masing-masing telah memenangi satu seri lomba.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

“Mereka di rumah sendiri, penonton yang membludak akan memberi mereka semangat lebih. Tapi, saya datang selaku pemimpin klasemen sementara dengan keunggulan banyak poin. Itu membuatku tak kalah bersemangat dan jadi modal beri perlawanan maksimal. Di kandang mereka yang dibutuhkan adalah ketenangan, berusaha untuk tidak bikin kesalahan, dan kemudian mengambil poin sebanyaknya,” ujar Redding yang memimpin klasemen dengan  nilai 101 atau unggul 43 angka atas Terol yang duduk di urutan dua.

Di kelas primer MotoGP, Cal Crutchlow pun bikin antusiasme masyarakat Inggris makin tinggi mengikuti tayangan langsung balapannya. Maklum, Crutchlow kini Kuda Hitam di antara para pembalap top tim pabrikan. Ia dua kali beruntun naik podium di Prancis dan Italia. Itu pun catatan baru karena pembalap Inggris sebelumnya yang melakukan itu hanyalah Ron Haslam pada 1987. “Gembira dong, saya dan Scott bisa berada di atas podium. Tak mudah mengulanginya di Catalunya, tapi saya tak akan pernah menyerah,” tegas Cal.

Menarik menunggu geliat kedua orang ini di Catalunya, di tengah kepungan rider tuan rumah. Dan, jika keduanya terus meroket, pastinya akan membuat GP Inggris pada  1 September nanti bakal jauh lebih semarak dari tahun-tahun sebelumnya. Andro

Berita Terkait

MotoGP 2013: Valentino Rossi Mengundurkan Diri, Crutchlow Naik Pangkat?

MotoGP 2013: Baju Balap Crutchlow, Dihargai Rp 76,7 Juta, Berkah Di Catalunya

Moto2 2013 Mugello (Race): Doni-Topan Tubrukan, Redding Juara

Moto2 2013 Le Mans (Race): Spanyol Amburadul, Doni Ke-19

 

 

BAGIKAN