nhk

MotoGP Mugello 2015: Terlacak, Yamaha Lebih Pentingkan Rossi, Lorenzo ‘Sengaja’ Dilepas

ManiakMotor – Yamaha tidak menyadari telah kehilangan kans juaranya  dengan melepas Jorge  Lorenzo ke Ducati 2017.  Mereka (Yamaha) hanya ingin melihat Valentino Rossi juara kembali. Saat ini di lintasan tidak ada yang sehalus dan sejenius Lorenzo memperlakukan motor dengan aturan 2016.

Yang bicara begitu Randy Mamola, mantan pemain top GP500 era 80-an dan sampai saat ini masih berkecimpung di  baalapan. “Saya heran kenapa Yamaha melepasnya. Harusnya Yamaha mengensampingkan kontradisi Jorge di Yamaha. Apa mereka tidak bisa lihat, potensi Jorge saat ini,” kata Mamola yang di akhir karirnya bersama Yamaha.

Mamola sembari mencontohkan pemainan Lorenzo paling bersih. Dia bisa mengakali kinerja elektronik 2016 yang lemah pada kontrol traksinya. Karena itu, Lorenzo bukan tipe berhitung dengan daya tahan ban. Abrasi ban bisa dirawat dengan gayanya itu sendiri. Macam dia perlihatkan di Qatar dan Le Mans yang sejap lap awal tancap terus sampai finish.

Tapi itu bukan jadi pertimbangan Yamaha. “Saya mengerti potensi Yamaha, mereka akan membiarkan salah satu dari dua protagonis utama hengkang. Yamaha rupanya telah memutuskan untuk bertaruh dengan Valentino untuk tahun depan dan mendatang,” kata Mamola panjang lebar pada motorsport.

Sampai sekarang, Mamola percaya Lorenzo lebih suka dengan Yamaha ketimbang dengan merek lain. Boleh disimak dengan mengertinya Lorenzo bahwa Yamaha ingin Rossi menang. Itu mengingat sosok Vale pada penjualan Yamaha di seluruh dunia. Tapi, yang penting buat Lorenzo, teknologi yang didapat Rossi, juga bisa dia dapatkan. “Saya tak singgung seri-seri akhir, tahun lalu, tapi semua peristiwa ada kaitannya pada keputusan Lorenzo. Itu pula yang dimainkan Ducati untuk memengaruhi Jorgem tapi Yamaha tak berusaha menahannya,” tutup Mamola.

Dari omongan Mamola, Yamaha juga nggak menawar atau menuruti nilai kontrak disodorkan Lorenzo. Itu pula yang jadi pintu masuk  Ducati. Karena tadi, Yamaha lebih condong ingin melihat Rossi juara lagi, tak mau diganggu Lorenzo di klasemen seperti tahun lalu dan naga-naganya akan terjadi tahun ini lagi. Ito

BACA JUGA

MotoGP Mugello 2016 Jelang: M1 Rossi-Lorenzo Makin Pede Pada Karet Hitam, Honda Kejar Terus

MotoGP Italia 2016: Nasib Pedrosa Segera Diumumkan Jelang Mugello, Ke Yamaha?

MotoGP Italia 2016 Jelang: Ducati Tunda Pengumuman Pendamping Lorenzo, Usai Mugello

MotoGP Mugello 2016 Jelang: Tinggal 3 Pembalap Belum Jatuh! Kata Rossi Cs, Jangan Bikin Kesalahan

MotoGP Mugello 2016 Jelang: Rossi, Klasemen Ramai Lagi, Kembali Ke Awal  

BAGIKAN