nhk

MotoGP Mugello 2016 Jelang Catalunya: Ducati Iannone Paling Laju Saat Balap

ManiakMotor – Ah hampir lupa kui menulis Andrea Iannone yang podium ketiga dengan Ducatinya. Bahkan sejak sesi-sesi sebelumnya dianggap bisa bersaing ke depan. Di sirkuit Mugello, Italia yang jadi kandang merek dibelanya dan dirinya, Iannone dominan di sesi latihan. Ia pun start dari front row atau grid ketiga.

Tapi kenapa saat lomba malah keteteran. Nggak terlihat kecepatan motornya di trek lurus dan tikungan cepat Mugello, karena yang disorot kamera hanya mereka yang di depan. Kenapa, The Maniac? “Sangat kecewa, karena kesalahan sendiri saat start, sangat buruk. Terlambat membuka gas. Malah sempat ke-11 di lap pembuka,” kata Iannone menyesalkan caranya start.

Kesalahan start kudu ditebus dengan perjuangan yang sangat berat. Bayangkan saja ada 7 pembalap yang harus dilewati sampai ke podium 3. Yang dilewati pun bukan nama-nama sembarangan. Di sana ada Dani Pedrosa, Maverick Vinales, bahkan teman setimnya Andrea Dovizioso yang punya andalan sama-sama Desmosedici GP16, seimbang larinya.

Toh Iannone bisa melewatinya. Menurutnya, motor sehat-sehat saja, performanya tak menurun sama sekali saat lomba 23 lap di Mugello.  Ada buktinya, ia bisa mencetak fastest lap alias motor yang paling cepat di saat balapan.  Fastest tersebut dicetak Iannone pada lap 23 atau lap terakhir saat kejar-kejaran dengan Pedrosa.

Fastest tersebut disyukuri Iannone, karena catatan 1m 47,687 detik penting buat bahan evaluasi ke depan. Artinya, Ducati memiliki kecepatan yang boleh diandalkan saat lomba juga. “Kalau nggak salah start, hitungannya bisa bertempur di depan. Tapi, apa boleh buat?” kata Iannone yang 26 tahun tersebut dan tahun depan sudah bersama Suzuki. MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Mugello, Italia, Moto2, Moto3 Semua Sesi 20 – 22 Mei 2016

MotoGP Mugello 2016 Jelang Catalunya: Rossi-Lorenzo Kebakaran 1 Mesin, Selanjutnya 1 Mesin Untuk 3 Seri

MotoGP Mugello 2016 Pasca Race: Motor Marquez Kalah Torsi Dari M1 Lorenzo, Prihatin Pada Rossi

MotoGP Mugello 2016 Pasca Race: Mesin M1 Rossi Pecah, Kegagalan Tekniks Yang Bikin Malu!

BAGIKAN