nhk

MotoGP Mugello 2016 Jelang Catalunya: Rossi-Lorenzo Kebakaran 1 Mesin, Selanjutnya 1 Mesin Untuk 3 Seri

ManiakMotor – Setiap pembalap punya jatah 7 mesin per musim MotoGP. Itu aturan sekarang atau MotoGP 2016. Kalau 18 seri dibagi 7 mesin, sama dengan 2.5 seri per mesin. Ada empat mesin yang digunakan untuk tiga seri, sisa tiga mesin lainnya digunakan  masing-masing dua seri untuk satu mesin. Jika kehilangan satu mesin, rata-rata satu mesin dipakai jadi tiga seri.

Pemain Movistar Yamaha MogGP masing-masing sudah kehilangan satu mesin dari kasus Mugello, Italia lalu. Mesin M1 Jorge Lorenzo macet onderdilnya di sesi warm-up dan M1 Valentino Rossi mogok saat lomba. Andai Yamaha sudah menggunakan tiga mesin, berarti mereka tinggal tersisa empat mesin untuk 12 seri selanjutnya. Artinya setiap mesin dipakai 3 seri, nggak bisa lagi mencurinya 1 mesin untuk digunakan 2 seri. Sementara lawan masih tersisa 5 mesin.

Yamaha di Mugello kemarin, sepertinya memakai mesin baru. Karena penyakit meleduknya  indentik antara Lorenzo dan Rossi. Sama-sama ngebul, karena jebol. Atau sebaliknya masih pakai mesin dari Jerez dan Le Mans, sehingga nggak kuat sampai Mugello yang kudu rpm tinggi terus? “Yang jelas, mesin kami mengalami kegagalan tekniks. Saat ini masih dinalisa dari data-data yang ada,” jelas Massimo Meregalli, direktur Movistar Yamaha MotoGP.

Dibanding Honda terutama dari Marc Marquez yang menempel di klasemen, dia unggul satu mesin. Jelas ngaruh pada lomba mengenai kesegarannya. Namanya juga mesin baru dan bekas pakai,  beda dong. Yang baru komponennya pada ketat. Ketat melakukan kompresi dan presisi buka-tutup lubang buangnya. Sedang Yamaha sudah kecapean duluan. Satu mesin menempuh antara 240 km – 360 km seperti jarak tempuh MotoGP setiap lomba. Bedalah kalau mesin yang sudah digunakan di atas 240 km dengan yang di bawah itu, apalagi dari nol km saat  lomba. Biasanya pula akan berpengaruh di akhir-akhir seri.

Atara Lorenzo dan Rossi posisi konsumsi mesin sama. Hanya saja, Rossi ketinggalan poin karena terbakar bersama mesinnya saat lomba di depan publiknya. “Memang sangat berat di Mugello dengan hanya nol point. Dua lawan saya mendapat point yang banyak,” jelas Rossi dengan penuh penyesalan di depan para pemujanya dikalahkan oleh mesin motornya sendiri. 

Sabar bro. Masih ada 1 mesin yang bekas jatuh di Amerika yang km-nya masih rendah. Ito

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Mugello, Italia, Moto2, Moto3 Semua Sesi 20 – 22 Mei 2016

MotoGP Mugello 2016 Pasca Race: Motor Marquez Kalah Torsi Dari M1 Lorenzo, Prihatin Pada Rossi

MotoGP Mugello 2016 Pasca Race: Lorenzo Tidak Menendang Marquez, Dia Sudah Minta Maaf

MotoGP Mugello 2016 Pasca Race: Mesin M1 Rossi Pecah, Kegagalan Tekniks Yang Bikin Malu!  

BAGIKAN