nhk

MotoGP Mugello 2016 Jelang: Marquez, Bila Akselerasi Bisa Diatasi, RC213V Motor Terbaik

ManiakMotor – Cerita akselerasi berhubungan langsung dengan onderdil  mesin. Terutama  spesifikasi diameter silinder, langkah piston sekalian kruk-as-nya untuk torsi. Di MotoGP boro-boro diberi tahu angka-angkanya. Saat ini, bagian itu agak ‘susah’ dibenahi saat serial MotoGP sudah berjalan. Aturan sekarang mesin harus diregistrasi alias disegel sejak awal.  

Ada hubungannya dengan omongan Marc Marquez masuk ke  Mugello, Italia dalam rangka ronde 6 MotoGP pada Minggu 22 Mei 2016. Katanya tim dan dirinya masih berusaha memaksimalkan akaselerasi RC213V-nya. “Bila berhasil meningkatkan akselerasi, motor kami salah satu yang terbaik. Tidak mudah menyembuhkannya, karena aturan mencegah utak-atik jeroan mesin,” papar Marquez yang sudah sekali menang di Mugello pada 2014.

Marquez bilang, Mugello berbeda dengan dua sirkuit Eropa sebelumnya. Sirkuit ini menuntut kecepatan dalam tikungan dan memang tipikal sirkuit yang cepat. Sama juga dengan ronde berikutnya di Catalunya.  Maksudnya mungkin, akseleresi bukan penentunya, tapi putaran menengah ke atas dengan trek lurus Mugello yang 1.141 meter.

Bukan hanya Marquez yang bicara mengenai cabut-cabut RC213V. Para bos Honda pun sudah meminta ke depan peraturan menyegel mesin lebih awal agar dilonggarkan. Termasuk soal tes untuk pengembangan mesin tersebut di saat seri MotoGP berjalan. Sebab saat ini, uji coba pengembangan mesin sangat kurang.

Honda merasakan kendala akselerasi mereka di Jerez dan Le Mans.  Apalagi di Le Mans, si Marc terjatuh dan masih untung bisa dapat 3 point. “Tetap positif untuk Mugello dengan podium sebagai target. Saya percaya, akaselerasi ini akan bisa diatasi Honda dari  sisi  yang lain,” tambah  Marquez yang tak sebut bagian yang lain itu apa?

Ya siapa tahu bisa dimanivulasi dari knalpot. Juga busi, hehe… Ito

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP Mugello 2016 Jelang: Konfirmasi Resmi Dovizioso Tetap Dengan Ducati, Iannone Menyesalkan

MotoGP Italia 2016 (Jelang): Ini Sebabnya Mugello Disebut Sirkuit Klasik, Rossi Dan Yamaha Paling Sukses

MotoGP Mugello 2016 (Jelang): Dovizioso Jadi Rekan Setim Lorenzo 2017

MotoGP Mugello 2016 (Jelang): Pengumuman Resmi HRC, Dani Pedrosa Ke…?

BAGIKAN