nhk

MotoGP Mugello 2016 Jelang: Penyakit Akselerasi Honda Akan Sulit Disembuhkan

ManiakMotor – Penyakit akselerasi Honda RC213V akan sulit tanggulangi. Itu kalau permintaan Honda tidak dituruti panitia MotoGP. Sebab mesin yang digunakan tahun ini sudah disegel oleh technical stewards jelang ronde pertama di Qatar. Padahal masih ada yang perlu dibenahi.

Honda untuk menghadapi aturan 2016 memperkenalkan RC213V benar-benar baru. Tidak ada cerita gado-gado. Ternyata pada mesinnya ada kelemahan momen puntir untuk akselerasi. “Karena ini, pembatasan pengembangan mesin harus dipertimbangkan kembali. Kami sangat merasakan di Le Mans yang mestinya harus ada perbaikan, tapi  mesin telah disegel,” kata bos Honda, Livio Suppo pada MCN. 

Aturan sekarang memang kudu menyiapkan mesin lebih awal dan waktu pengujian dibatasi. Kata panitia sih untuk efisiensi dan pemerataan untuk semua tim. Jadi tim-tim kaya tidak diuntungkan oleh dana yang tak terbatas untuk melakukan pengembangan suka-suka.

Nggak disebutkan kelemahan akselerasi RC213V ini keliru pada konstruksi bandul kruk-as atau desain durasi noken-as-nya, hehe. Yang jelas begitu, seperti keluhan Marc Marquez dari Jerez dan Le Mans. Bahkan saat jatuh di GP Prancis, Marquez semata-mata mengakali torsi motor yang agak terlambat sehingga mengubah titik pengereman. Akibatnya ban depan tak kuat menahan motor dan ia terpeleset.    

Suppo meminta pengertian dari pihak pengatur lomba untuk mengubah aturan. “Secara pribadi dan demi kebaikan event MotoGP, ke depan harus ada evaluasi. Kali ini memang terjadi di Honda, bisa di lain waktu akan terjadi pada Ducati atau Yamaha. Akan lebih baik semusim setidaknya ada satu kali upgrade mesin saat musim berjalan,” tutup Suppo.

Namanya aturan yang telah disahkan FIM, biasa harus diselesaikan musim berjalan. Lagian Suppo minta untuk tahun depan, kok. Oh iya, masalah yang sama sebenarnya sudah disuarakan dengan sangat keras oleh Dani Pedrosa usai dari Jerez lalu. Wah berat dong buat Honda untuk seri-seri berikutnya? Ito

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP Mugello 2016 Jelang: Asli… Vinales Ke Yamaha 2017, Pol Espargaro Juga Ke Pabrikan

MotoGP Mugello 2015: Terlacak, Yamaha Lebih Pentingkan Rossi, Lorenzo ‘Sengaja’ Dilepas

MotoGP Mugello 2016 Jelang: M1 Rossi-Lorenzo Makin Pede Pada Karet Hitam, Honda Kejar Terus

MotoGP Italia 2016: Nasib Pedrosa Segera Diumumkan Jelang Mugello, Ke Yamaha?

 

BAGIKAN