nhk

MotoGP Mugello 2016 Jelang Race: Rossi Tunggu Balapnya, Pole Position Sejak 2008 Di Kandang

ManiakMotor – Valentino Rossi memang baru melakukan serangan terakhir di Q2. Kalau bisa dibilang ia diderek atau ditarik (slipstreaming) olah teman setimnya 2017 nanti, Maverick Vinales. Rossi boleh menggabungkan kecepatan Suzuki GSX-RR Vinales bersama M1-nya pada sesi kualifikasi Sabtu, 21 Maret 2016 di sirkuit Mugello, Italia.  

Hasilnya adalah pole position kedua tahun ini dari Rossi setelah mendapatkannya di Jerez lalu. Ini juga kualifikasi terbaiknya sejak 2008 di kandangnya sendiri, Mugello. “Intinya lomba jadi menarik, karena di kualifikasi begitu banyak yang cepat dan catatan waktunya berdekatan. Saya sendiri baru bisa memukul di penutup sesi,” papar Rossi usai Q2 tanpa sebut soal curi angina dari Vinales.

Maksudnya menggabungkan kecepatan Vinales dan dirinya, di sudut-sudut tertentu Rossi memanfaatkan racing line Vinales. Di saat sama, GSX-RR Vinales memang laju di Mugello yang jadi ‘tumpangan’ Rossi. Di data memang Vinales lebih cepat di sector 1 dan 2 yang diikuti Rossi jalurnya.

Sedangkan di sector 3 dan 4, Rossi ‘meminjam angin’ dari Vinales agar bisa lebih cepat di dua sector terakhit tersebut. Itulah yang membuat Rossi jadi tercepat dengan 1 menit 46.504 detik. Catatan itu menggeser Andrea Iannone yang sebelumnya berada di puncak. Vinales masih sempat melakukan selap lagi dan membuatnya jadi kedua yang juga mencungkil Iannone dengan Ducatinya. 

Pole position Rossi ini memang terbilang dramatic. Pada penggunaan ban segar pertama, Rossi masih berada di luar lima besar. “Apa pun itu, saya start dari barisan terdepan. Saat lomba, posisi itu menguntungkan di Mugello,” sebut Rossi yang masih sambungan cerita usai Q2 tadu, belum cerita rilis resminya dan tunggu saja. MM  

BACA JUGA

Hasil MotoGP Mugello, Italia, Moto2, Moto3 Semua Sesi 20 – 22 Mei 2016

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP Mugello 2016 Q2: Akal Rossi Membuatnya Pole, Kedua Vinales dan Ke-3 Iannone

MotoGP Mugello 2016 FP4: Iannone Kembali Laju, Ke-2 Rossi, Lorenzo Ke-10

MotoGP Mugello 2016 FP3: Iannone Tercepat, Kedua Marquez, Rossi Hanya Ke-8

BAGIKAN