nhk

MotoGP Mugello 2016 Jelang: Tinggal 3 Pembalap Belum Jatuh! Kata Rossi Cs, Jangan Bikin Kesalahan

ManiakMotor – Dari lima seri lalu, hanya empat pembalap yang belum jatuh, selebihnya sudah pernah dibanting motor. Ingat ya pesertanya 21 pembalao. Nggak peduli para calon juara dunia yang saat ini sedang jaya 1 – 3 di klasemen. Di sana ada Jorge Lorenzo, Marc Marqez dan Valentino Rossi.

Analisa sementara disuarakan oleh peserta sendiri. Dari semua yang jatuh – malah ada yang  berkali-kali –  penyebabnya dari mereka sendiri. Umumnya juga terpelesetnya dari ban depan.  “Ban depan Michelin sebenarnya nggak masalah. Tapi jangan sampai melakukan kesalahan sekecil apa pun dengan konstruksi ban tersebut,” kata Rossi saat terjatuh di Amerika.

Kesalahan yang dimaksud, bisa ditelusuri dari Andrea Dovizioso saat dia terjatuh di Le Mans. Juga didukung Marquez yang bersamaan model jatuhnya dengan Dovi di lokasi yang sama. Dovi bilang saat dia jatuh kemiringan motornya sudah melewat toleransi 2o. Sehingga ban depannya ‘kehabisan’ grip. Maksudnya kehabisan grip, punggung terluar ban sudah lewat konstruksi derajatnya untuk tapak menikungnya. Kaleee aja begitu ilmu kira-kiranya.

Sedang Marquez melakukan kesalahan akibat akselerasi motornya yang sulit mengejar cabut-cabut motor lawan. Dia pun mengakalinya pada titik pengereman. Sehingga, beban pada ban depan bertambah, macam jatuhnya di Le Mans, “Itu risiko dengan akselerasi motor yang kurang, maka ban depan kehilangan grip. Itu kesalahan,” kata Marquez.

Tapi herannya, jatuhnya di era Michelin jarang terjengkang oleh high side. High side disebabkan oleh grip ban belakang yang tiba-tiba hilang kontak dengan aspal dan kembali dapat grip untuk melempar pembalapnya. Dengan Michelin sekarnag, justru tergelincir dengan ban depan tiba-tiba hilang pegangannya dari trek.

Bisa dibayangin, tahun ini sudah dua kali hanya 13 pembalap yang  finish. Yaitu ada di Argentina dan Le Mans. Padahal di era Bridgestone hanya terjadi 2012  di Malaysia. Tapi ingat, saat itu di Sepang hujan. Begitu parahnya kalau hanya sebut kesalahan dari pembalap. Atau memang begitu tujuan panitia MotoGP memperkenalkan Michelin dan elektronik terbaru? Sebab ditanya pada Michelin malah mereka lagi cerita keunggulan bannya lewat rekor Le Mans yang pecah.

Eit… yang belum jatuh adalah Danilo Petrucci, karena dia baru ikut di Le Mans usai sembuh dari cidera. Sedang yang ikut terus lima seri masih belum jatuh adalah Pol Espargaro, Eugene Laverty dan Hector Barbera. MM  

BACA JUGA

MotoGP Mugello 2016 Jelang: Rossi, Klasemen Ramai Lagi, Kembali Ke Awal

 

MotoGP Le Mans 2016 Pasca Race: Ups… Senangnya Suzuki Lewat Vinales Bediri Di Podium

MotoGP 2016 Prancis 2016 (Pasca Race): Dovizioso ‘Ajak’ Marquez Jatuh, Bukan Ranjau Rossi

MotoGP 2016 Prancis 2016 (Pasca Race): Rossi, Dari ‘Berantakan’, Dapat Poin 20 Sudah Cukup

MotoGP 2016 Prancis 2016 (Pasca Race): Di Sini Kuncian Menangnya Lorenzo

BAGIKAN