nhk

MotoGP Mugello 2016 Pasca Race: Lorenzo Tidak Menendang Marquez, Dia Sudah Minta Maaf

 

ManiakMotor – Salip-salipan sengit sudah lama dan jarang terjadi belakangan ini, antara Jorge Lorenzo dan Marc Marquez. Kebetulan di lap terakhir saat lomba di Mugello, Italia pada Minggu 22 Mei 2016, duel itu terjadi lagi. Tapi Lorenzo sikit mengangkat kaki kanan seolah sengaja menendang Marquez.

Kaki Lorenzo ini ‘keluar’ karena kebiasaannya dalam pengereman. Di saat sama Marquez masuk lewat sisi kanannya yang sangat dekat.  “Dari trek  lurus, biasanya melakukan pengereman, diiringi menggeser kaki ke sisi girboks sebelum menutup gas. Saya juga mengubahnya cara mengangkat kaki sehingga terjadi sentuhan dengan Marc. Untung sentuhannya kecil. Saya juga sudah bilang maaf pada Marc,” kata Lorenzo yang tahun ini sudah tiga kali menang termasuk yang di Mugello .

Lorenzo juga menjawab pertanyaan wartawan soal duelnya dengan Marquez sudah jarang terjadi. Terakhir tahun lalu di Silverstone. Nah, di Mugello itu kembali mereka ulangi untuk menghibur penonton. Tentu saja penonton di Mugello yang kebanyakan kaos kuning yang jagoannya Valentino Rossi sudah kersusakan mesin lebih dulu. Apakah mereka terhibur? Ya harus ditanya satu-satu pada penontonnya, bro.

Lorenzo juga bilang  berbahaya kalau caranya menggeser kaki untuk menekan motor ke sisi girboks bila sentuhannya besar. Untung hanya ringan senggolannya.  Untung juga buat Lorenzo, motornya lebih baik akselerasinya. Kebetulan pula akselerasi tahun ini jadi kelemahan Honda. Walau Lorenzo sempat tertinggal dari Marquez di tikungan terakhir menuju finish, Lorenzo masih bisa mengejar menuju trek lurus dan di sana sensor finish berada. “Posisi motor saya cepat tegak untuk diberi tenaga, di situ keuntungannya,” tambah Lorenzo.

Juga sudah dipengaruhi racing line Marquez yang pasti berubah saat berhasil menyalip Lorenzo. Akibatnya keluar dari tikungan terakhir top mesin Marquez lebih lama didapat. “Saya bisa menang dengan motor yang sebenarnya bukan dalam kecepatan terbaik. Saya bukan pembalap pole. Ini juga menutup mulut para pengkritik saya tanpa mengingat sejarah atau statistic  di Mugello,” kata Lorenzo yang omongannya entah ditujukan ke siapa?

Ke kamu…! Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Mugello, Italia, Moto2, Moto3 Semua Sesi 20 – 22 Mei 2016

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP Mugello 2016 Pasca Race: Mesin M1 Rossi Pecah, Kegagalan Tekniks Yang Bikin Malu!

MotoGP Mugello 2016 Race: Lorenzo Juara, Mesin M1 Rossi Meleduk, Berasap, Sap, Sap..!

MotoGP Mugello 2016 Warm Up: Pemanasan Vinales Tercepat, Dovi Kedua

BAGIKAN