nhk

MotoGP Mugello 2016 Pasca Race: Motor Marquez Kalah Torsi Dari M1 Lorenzo, Prihatin Pada Rossi

ManiakMotor – Membalap di atas 100 persen, tetap saja mesin RC213V Marc Marquez kalah torsi. Torsi itu kalau diterjemahkan di lintasan adalah akselerasi. Akselerasi digunakan dari rpm redah ke putaran tinggi. Sejak di Jerez para bos Honda meminta Dorna membuka pembekuan mesin yang tak bisa dikembangkan lagi untuk merevisi kelemahan tersebut.     

Marquez merasakannya di tikungan terakhir di Mugello, Italia saat race ronde 6 MotoGP pada Ahad 22 Mei 2016. Ia sudah unggul keluar dari tikungan dan lap terakhir Mugello, setelah merguras skillnya menyalip Jorge Lorenzo. Kemenangan  sudah di depan mata, tapi motornya kalah cabut-cabutnya. Sampai di garis finish pun terkejar dan hanya jadi kedua,  “Nggak enak kalah hanya pada 50 meter menuju finish. Baru kali ini saya alami selama ikut balap. Motor kalah akselerasi,” kata Marquez tanpa mampu menutup jalur Lorenzo.

Tim dan Marquez sendiri sepanjang akhir pekan menyetel RC213V dari sisi yang berbeda untuk menyembuhkan akselerasi. Disebut dari sisi berbeda lantaran membongkar bagian kruk-as atau kompresi yang jadi biang akselerasi, sudah tak mungkin. Kan mesin sudah disegel. Yang ada, Marquez membalap di atas kecepatan motornya. Harus mati-matian, maksudnya.  

Di saat sama, Honda yang terkenal top speednya tak kalah dengan Ducati itu, juga nggak jalan di Mugello. Untung saja, Marquez tapil rapi saat balapan, sehingga suka mendekati Lorenzo. “Ini salah satu penampilan terbaik saya, mengingat kondisi motor. Pabrik telah berusaha maksimal memperbaiki akselerasi, tapi begitulah. Maka kami akan bekerja keras lagi pada seri berikutnya pada persoalan sama, akselerasi,” tambah Marquez yang akan coba dari sisi lain lagi.

Penutupnya, Marquez prihatin atas nasib sial Valentino Rossi. Memang sih, kalah saat pertarung, itu wajar. Kalah dari motor mogok, memang beda. “Valentino memang tidak beruntung. Saya tak begitu suka menang dari sialnya pembalap lain. Makanya saya tak merayakan berlebihan di atas podium,” tutur Marquez di crash yang juga menghormati fans Rossi yang menguning di Mugello. 

Wah…. Ito  

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP Mugello 2016 Pasca Race: Lorenzo Tidak Menendang Marquez, Dia Sudah Minta Maaf

MotoGP Mugello 2016 Pasca Race: Mesin M1 Rossi Pecah, Kegagalan Tekniks Yang Bikin Malu!

MotoGP Mugello 2016 Race: Lorenzo Juara, Mesin M1 Rossi Meleduk, Berasap, Sap, Sap..!

MotoGP Mugello 2016 Warm Up: Pemanasan Vinales Tercepat, Dovi Kedua

BAGIKAN