nhk

MotoGP Mugello Italia 2013 (Jelang Race): Pedrosa Simpan Senjata Rahasia, Marquez Hadapi Rossi

ManiakMotor – Tertinggal hampir di semua sesi awal dan melejit di lap akhir QTT sekaligus pole position, Sabtu 1 Juni di sirkuit Mugello, Italia, membuat Dani Pedrosa masuk raceday dengan perasaaan nyaman. Atau memang simpan senjata rahasia alias simpan pukulan.

Sebagian besar sesi kualifikasi dikuasai Jorge Lorenzo, pesaingnya dari Yamaha. Tapi, setelah bikin sedikit perubahan di pacuannya, Pedrosa melejit di lap terakhir dengan waktu fantastis, 1:47,157 sekaligus memecahkan rekor best lap Mugello atas namanya sendiri yang dibukat musim lalu. Ini gelar pole ke-25 buat Pedrosa yang tengah memimpin klasemen sementara 2013.

Di sesi-sesi sebellumnya ia mengeluh soal traksi. Katanya akan diperbaiki di FP3. Ternyata memang berhasil. “Traksi roda benar-benar bagus di saat–saat akhir. Itu yang paling penting dan kami punya beberapa ide baru untuk lebih meningkatkan performa motor,” ujar Pedrosa yang tentu saja menyembunyikan senjata rahasianya. Tapi, itu pastinya tak jauh dari soal set-up motor yang mulai mantap sejak sesi FP4. Paling utama lagi SSG.

Sebaliknya buat rekan mudanya di Repsol Honda, Marc Marquez, yang tiga kali jatuh di tiga FP awal. Dengan luka lecet di beberapa bagian tubuhnya dan dagu yang bengkak, Marquez harus memasuki  Q2 lewat jalur Q1 karena gagal ke 10 Besar dari tiga FP awal.

Pasti ia lolos ke Q2, grid positon yang diraihnya ke-6. Persis di sebelah Valentino Rossi (Yamaha) di urutan 7. “Balapan akan sulit, kondisi fisikku belum pulih betul. Nyeri di bahu masih terasa dan semoga saja membaik sebelum balapan. Tapi, bagaimanapun aku harus berjuang maksimal dan lihat nanti akan berakhir seperti apa,” kata Marquez.

Ya, semoga cepat sembuh. Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Mugello Italia, Semua Kelas Dan Sesi, 31 Mei – 2 Juni 2013

MotoGP 2013 Mugello: Tak Jadi Comeback, Spies Malah Back Duluan

MotoGP 2013 Mugello Italia Q2; Pedrosa Cepat Sempat Kesal, Crutchlow Emosi, Rossi Lunglai

MotoGP 2013 Mugello (Q2): Pedrosa Pole Sitter, Dovi 3 Besar, Rossi Bareng Marquez

 

BAGIKAN