nhk

MotoGP Mugello Italia 2013; Menanti Perlawanan M1 Pada RC213V SSG

 

 

ManiakMotor –  Menarik menunggu janji Yamaha Factory Racing (YFR) akan memperbaiki kegagalan mereka di Le Mans. Itu sama saja YFR sedang mengejar teknologi SSG (Seamless Shift Gearbox) dengan berbagai cara.  Caranya, memaksimalkan teknologi dan ilmu para insinyur YFR, juga memanfaatkan skill yang dimiliki Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Di sirkuit Mugello, Italia dalam rangka ronde 5 MotoGP di sesi-sesi awal yang telah berlangsung dari 31 Mei sampai 1 Juni 2013, M1 lewat Lorenzo dan Rossi ada tanda-tanda bisa melawan. Di sisi lain, dua RC213V masih terus bermasalah pada sesi-sesi itu. Bahkan Marc Marquez dalam tiga free practice semunya  kocar-kacir (jatuh) dan membuatnya harus ikut qualifying 1 dulu untuk Q2.

Pedrosa usai FP2 menyatakan ada gangguan traksi pada roda belakangnya. Mungkin ganti mesin baru yang membuat SSG belum lancer meneruskan reduksi tanpa putus ala SSG. Itu hanya duga-duga. Buktinya di FP4 Pedrosa melejit. Itu disambung sampai Q2. “Traksi tiba-tiba berubah lebih baik. Kami punya gagasan kecil untuk memperbaikinya,” kalem Pedrosa dalam rilis yang dikirim ke maniakmotor.com.

Itu pula yang dijaga Lorenzo dan Rossi setelah 1-2 di FP2 ogah sesumbar. Bahwa mereka akan menunggu perkembangan lawan. Lawan yang dimaksud adalah Pedrosa. Sebab si Marc mungkin  dianggap rada ngeper untuk sementara waktu, karena jatuh bangun di tiga FP. 

“Saya sudah menganggap catatan 1 menit  47.226 detik adalah yang tercepat Q2. Ternyata ada yang lebih cepat,” kata Lorenzo pada hasil Q2 yang waktunya diiris Pedrosa jadi 1 menit 47.157 atau selisih 0.069 detik di detik-detik akhir Q2. Nah itu yang ditunggu Lorenzo dari perubahan lawan. Pedrosa tiba-tiba kampiun di Q2.

Seperti yang lalu-lalu, Lorenzo bisa melakukan perlawanan dalam balapan sendiri-sendiri. Maklum tampil di FP sampai Q2 hanyalah single lap. Lebih mengutamakan hapalan, ketimbang daya tahan membalap. Konsentrasinya hanya cari secepatnya untuk satu lap. Khususnya Lorenzo bisa mengatasinya. Tetapi dalam tiga seri lalu, ia kelabakan mengimbangi RC213V soal konsistensi saat race.

Dan yang membuktikan adanya perbaikan pada M1 usai Le Mans nanti di race Mugello yang beberapa saat lagi akan dimulai. Maksudnya malam atau tepat jam 19.00 WIB di Indonesia dan di Eropa sono  selalu dimulai pukul 14.00. Seperti tadi, apakah janji YFR terbukti atau memang hanya keterampilan Lorenzo dalam single lap selama ini, M1 ada perlawanan? Tunggu saja, termasuk aksi Rossi di depan publiknya untuk melawan SSG Honda. Ito

BERITA TERKAIT:

Hasil MotoGP Mugello Italia, Semua Kelas Dan Sesi, 31 Mei – 2 Juni 2013

MotoGP 2013 Mugello Italia Jelang (Race): Duo Yamaha Tetap Semangat

MotoGP 2013 Mugello (Jelang Race): Pedrosa Simpan Senjata Rahasia, Marquez Hadapi Rossi

MotoGP 2013 Mugello: Tak Jadi Comeback, Spies Malah Back Duluan

MotoGP 2013 Mugello Italia Q2; Pedrosa Cepat Sempat Kesal, Crutchlow Emosi, Rossi Lunglai

 

 

BAGIKAN