nhk

MotoGP Mugello Italia 2013 Menuju FP3; Pedrosa Atasi Kurangnya Traksi FP1-PF2

 

ManiakMotor – Dari hiruk-pikuk Yamaha perebut free practice 2 dan jatuhnya teman setimnya Marc Marquez di Repsol Honda Team, nama Dani Pedrosa nyaris tak terdengar.  Di sirkuit Mugello, Italia, pada sesi pembukan FP1 dan FP2, Pedrosa memang belum membuat kejutan pada Jumat, 31 Mei 2013 itu. Dalam dua sesi ia berkutat dengan masalah traksi ban pada RC213V-nya.

Di FP1 Pedrosa tersembunyi di posisi ke-8. Itu sangat kontras dengan Marquez yang di sesi ini tercepat dengan 1 menit 54 detik. Ia sendiri 56 detik. FP2 memang menanjak jadi ke-5 tapi masih selisih 1 detik dengan Jorge Lorenzo (Yamaha) yang tecepat. “FP1 berlangsung dalam setengah kering dan basah, sulit menyimpulkan tipe ban yang tepat,” jelas Pedrosa seperti yang dikutip website Repsol di Spanyol.

Sedang FP2 alasannya kelabakan  dengan traksi roda belakang yang sering spin. Dia ragu-ragu memacu motor lebih nekad seperti sohib setimnya si Marquez dan akhirnya terjatuh keras. “Saya hanya berharap akan diperbaiki tim hari ini (Sabtu 1 Juni) masalah traksi tersebut. Memang sesi FP1 dan FP2 kurang baik buat saya,” jelasnya sembari berdoa ada peningkatan set-up di FP3 yang akan dibawanya ke Qualifying 2, terus berlanjut ke race, lalu juara, hehe.

Pemimpin klasemen dengan 83 poin sampai seri 4 di Le Mans, Prancis itu adalah pemegang rekor semua kecepatan di Mugello. Macam angin dia di sana, pakai elmu tanpa bayangan. Top speed pernah dia catat 349 km/jam pada 2009. Catatan untuk per lap (best lap) adalah 1 menit 47.284 detik ditulisnya tahun lalu. Data itu yang akan dikejarnya sampai lomba.

Terus, babak pembuka Jumat malah bertolak belakang dengan teknologi SSG (Seamless Shift Gearbox) Honda yang punya reduksi hayus muyus. Dua seri lalu, SSG  andal di lintasan kering dan basah. Kemarin juga kering dan bash, cui. Mungkin masih simpan pukulan, jangan terbaca musuh. Ito

BERITA TERKAIT

Hasil MotoGP Mugello Italia, Semua Kelas Dan Sesi, 31 Mei – 2 Juni 2013

MotoGP Italia 2013 Menuju FP3; Yamaha Buka Peluang (Kering), Tunggu Perkembangan Lawan Di Mugello

MotoGP 2013 Mugello (FP2): Freestyle Ala Rossi, Tanda M1 Mulai Galak

MotoGP 2013: Kejamnya Mugello, Marquez Korban Terbaru, Belum Tentu Ikut FP3

MotoGP 2013 Mugello Italia FP2; Marquez Jatuh Keras, Dagunya Bengkak

BAGIKAN