nhk

MotoGP: Paling Tahu Rahasia RC213V, Pol Espargaro Ungkap Pentingnya Kehadiran Marc Marquez!

Maniakmotor – Cabut dari KTM ke HRC, pastinya tidak sesuai dengan ekspetasi Pol Espargaro. Doski kesusahan untuk menaklukan kuda besi RC213V dan harus puas pada posisi ke-12 di kalesemen final 2021. Sama seperti pembalap – pembalap lainnya yang singgah di Honda, mulai dari Lorenzo, Alex Marquez, Crutchlow dan lainnya.

Sementara Marc Marquez yang telah berada di Honda dari 2013, datang di seri Algarve Portimao pada 2021, dan memenangkan tiga balapan. 3 Kemenangan itu ia dapat dengan keajaibannya walau absen di seri awal, Marc juga mengungguli Pol di klasemen kejuaraan dunia dengan jarak 42 poin di depannya.

Berbicara hubungan Pol dan Marc, mereka sendiri juga sempat menjadi rival sengit di kejuaraan Moto2 pada tahun 2012. Ketika Marc berhasil memenangkan gelar juara dunia di kelas menengah tersebut, sementara Pol mengambil posisi runner-up. Namun ini tidak menghapus kerendahan hati Pol, terutama dalam menjadi rekan satu tim di HRC.

Menurut Pol, kehadiran Marc juga menjadi faktor pendukung buat dirinya dalam menemukan perasaan baik bersama RC213V. “Saya selalu membalap dengan Marc dari Moto2. Tapi di dalam tim, kami mendengarkan satu sama lain, terutama saya sendiri sangat menghormati gagasannya. Dengan ada dirinya, ia memberikan perspektif yang lebih realistis dari sebelumnya,” tukas sang juara dunia Moto2 2013.

Marc yang sudah 6 kali juara dunia dengan RC213V itu diakui Pol sebagai seseorang yang lebih mengerti seluk beluk kuda besi buatan Jepang itu. “Yang saya tahu adalah, perlu sedikit grip untuk melaju dengan cepat dan tentu itu sangat sulit,” jelas Pol tentang rahasia Marc, yang ia kurang kuasai.

Namun intinya, Pol juga sangat mengharapkan kesembuhan Marc terutama dalam mengembangkan perasaan dengan motonya. “Menjadi rekan setimnya memungkin saya untuk memahami lebih sedikit teknik yang lebih baik. Disitu saya jadi mengerti, kenapa dia bisa lebih kencang di bagian tertentu, dan pastinya ini membantu saya untuk melakukan performa terbaik,” tutup Pol yang sedang bersiap untuk uji coba Sepang awal Februari mendatang.

Tim Honda sendiri akan launching untuk 2022 pada Jumat, 14 Januari 2021 mendatang. Namun tanpa Marc yang masih dalam tahap penyembuhan. Raider

BACA JUGA