nhk

MotoGP: Pengembangan RC213V Versi 2016 Dikebut, Marquez Masih Yang Tercepat

ManiakMotor – Lagi, Wakil Presiden HRC Shuhei Nakamoto cerita. Katanya, Honda RC213V 2016 belum lincah sesuai karakter Marc Marquez. Para insinyur HRC sedang melacak dan membangun yang terbaik saat ini. Dijamin akan tampil oke di seri pertama di Qatar pada Maret 2016 nanti.

Nakamoto tak menyalahkan aturan ini dan itu, sebab yang lain juga dapat tantangan yang sama, bukan Honda doang. “Memang motor kurang agresif untuk 2016. Tapi di beberapa bagian, kami dapat solusi lebih baik dari tahun lalu,” kata Nakamoto tak sebut bagian  mana yang dimaksud.

Dia hanya membandingkan edisi 2015 saat Honda kehilangan gelar konstruktor, tim dan pembalap. Katanya tempo  itu, andalannya Marquez nggak juara karena enam kali jatuh dari 18 seri. Ya sial saja, begitu kiranya. Itu tidak semata cara bawa Marquez yang kelewat agresif, tapi awal-awal RC213V edisi 2015 memang kurang mendukung.

Itu motor baru baru enak dan tenang dikebut saat di Assen. Taktik HRC ketika itu menggabungkan  sasis 2014 dan 2015, terutama pada lengan ayun. Tujuannya agar roda belakang tak sering bergeser saat diperlakukan Marquez dengan kejam saban masuk tikungan. “Sedang mesin yang terlalu bertenaga, powernya diredam dengan desain knalpot terbaru. Maka saya rasa untuk 2015 Marc masih yang tercepat. Sayang saja dia jatuh enam kali,” alasan Nakamoto soal gagalnya Honda tak mendapat titel apa pun.

Karena itu pembanding tadi, RC213V untuk 2016 sedang diracik oleh para ‘montir’ HRC. Fokusnya membangun mesin seuai tuntutan elektronik seragam. Tentu saja atas masukan Marquez saat test privat di Jerez yang saat itu dikalahkan Ducati lewat Scott Redding. Di Jerez itu, Marquez ngomel soal tenaga atas yang nggak lincah. Sedang power bawah terlalu kuat tak terkendali.

Nakamoto sudah berdoa akan depat solusi untuk menghadapi seri pertama di Qatar. Soal mesin yang kurang agresif di atas ini, mereka akan coba langkah yang berbeda. Ya lihat saja nanti saat test pramusim 1 – 3 Februari 2016 di Sepang, Malaysia yang juga jadi bagian dari perang urat saraf. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016: Rossi ‘Hampir’ Dikalahkan Adiknya Luca Marini

MotoGP 2016: Nakamoto, 50 Persen Penggemar MotoGP Pengidola Rossi

MotoGP 2016: Daya Tempur Rossi Masih Tebal, Naluri Membangun Motor Tetap Semangat

MotoGP 2016: Stoner Tuding Marquez Dan Krunya Ngeper Padanya..!

MotoGP 2016: Ducati 7 Mesin! Konsesi Suzuki Dan Aprilia 9 Engine, Yamaha/Honda Tetap Diuntungkan

 

 

BAGIKAN