nhk

MotoGP Philip Island 2016 Jelang Race: Ayo Rossi Semengat, Masak Sih Ketinggalan 5 Detik

Valentino Rossi Race Autralia 2016, Rossi Q1 Australia 2016

..

ManiakMotor – Entah kehilangan semangat dan tak mau ambil risiko, dua pembalap Yamaha tercecer. Boleh dibilang, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo kurang usaha menghadapi cuaca di sesi latihan sampai Q2 di Philip Island, Australia. Hasilnya keduanya start di luar 10 besar saat lomba Minggu 23 Oktober 2016. Rossi dari grid 15 dan Lorenzo ke-12. Berantakan… kan.

Semangat kendur, karena putus pengejaran terhadap point titel kejuaraan dunia, terutama dari Rossi. Kalau Lorenzo kan setiap kali hujan tahun ini nyalinya memang down. “Akhir pekan yang aneh dengan kondisi cuaca berubah terus. Sayangnya dalam situasi begitu ritme membalap dan handling motor tak pernah ketemu,” jelas Rossi yang punya alasan cuaca, bukan karena alasan sudah tak berpeluang lagi untuk kejar kejuaraan.

Rossi tetap jujur, cuaca yang hujan, dingin dan sebagainya bagi dia bukan alasan yang dibikin-bikin. Sebab, semua peserta merasakan hal yang sama, bukan dia doang. Tapi nyatanya memang berat melewati keadaan tersebut. Semoga bukan kehilangan semangat seperti yang disebut tadi. Lalu pasrah oleh keadaan begitu balapan dalam  kondisi cuaca ngesalin seperti di Philip Island dua hari ini.

Rossi tak lolos ke Q2 walau sesi FP3 tadi pagi sempat nggak ada hujan, tapi aspal tetap dingin. Dia malah ke-12 di FP3 atau tertinggal 2 detik lebih dari yang tercepat di FP3. Di Q1 pun, Rossi tidak bisa berkutik dan hanya ke-4. Di Q1 ini Lorenzo bisa terdorong ke Q2, namun dari hasil Q2 pun di posisi terakhir.

Elmu kira-kiranya tetap soal semangat di papan klasemen. Beda to bila andai Rossi masih berpeluang mengejar, hehe. “Dengan kondisi lintasan sangat dingin, motor sulit dikendalikan. Ban berkurang gripnya. Semoga besok kering dan itu pun butuh usaha keras, karena start dari grid 15,” pungkas Rossi yang di FP1 dapat hukuman akibat prosedur ban.

Catatan terbaik Rossi  dari semua sesi berlalu di Philip Island adalah 1:35.463. Itu didapat Rossi saat FP3. Ssedang catatan terbaik yang tercepat dari semua sesi adalah Marc Marquez dengan 1:30.189 yang didapatnya saat Q2 . Artinya beda lima detik. Makanya, ayo semangat Kang Rossi. Masak geetu sih, ketinggalan 5 detik. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoPrix Subang (Gery Mang), Jabar 15 – 16 Oktober 2016

BAGIKAN