nhk

MotoGP Prancis 2013 (FP3): Marquez Mulai Edan, Pecahkan Rekor Le Mans

ManiakMotor – Seperti biasa, di awal-awal selalu Jorge Lorenzo yang ngotot bikin waktu tercepat. Setelah itu dibarengi Dani Pedrosa, Marc Marquez, dan Cal Crutchlow.

Itu pula yang terjadi di FP3 GP Prancis, Le Mans, Sabtu (18/5). Mereka berempat saja yang sibuk di papan atas berebut posisi. Sampai pada meit terakhir dari 45 menit sesi FP3, semuanya ngegas pol. Marquez akhirnya pimpin sesi FP3 dengan waktu 1:33,600.

Marquez membuat catatan itu satu-satuanya di bawah 1:34 detik. Dibikin Marquez pada lap 21 dari 21 lap yang ia tempuh. Artinya, anak Repsol Honda itu memforsir RC213V-nya di kesempatan terakhir sehingga tak ada kesempatan pembalap lain untuk mengkoreksi waktunya. Catatan waktu itu terbilang spektakular. Memecahkan lap rerord Le man 1:33,617 yang dibukukan Pedrosa pada musim 2011.

Tiga sesi FP diborong Honda di Le Mans. Dua FP sebelumnya dipimpin Dani Pedrosa. Di FP3 sendiri, posisi Pedrosa berubah ke nomor tiga. Tercepat kedua dipegang Jorge Lorenzo dengan selisih 0,499 detik dari Marquez. Gap yang terbilang besar dibandingkan sesi sebelumnya, sekaligus menimbulkan tanya strategi apa yang membuat Marquez bisa melejit secepat itu.

Tanda tanya lain tertuju kepada Valentino Rossi. Tampil impresif di sesi 1 dan 2, The Doctor mendadak buruk di FP3. Ia ada di posisi 9, mengingatkan posisi rutin yang ia tempati kala bertarung bersama Ducati tempohari. Ada apalagi, Doc?

Sebaliknya, Ducati malah nanjak. Nicky Hayden dan Andrea Dovizioso bisa mangkal di urutan 4 dan 6. Singkatnya banyak pergeseran di FP3 ini, salah satu yang menarik adalah Marquez mengalahkan Pedrosa dengan gap 0,582 detik.

Nah, nanti saja jawabannya. Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Le Mans Prancis, Semua Sesi, 17-19 Mei 2013

MotoGP 2013 Le Mans (Jelang FP3 & 4): Rossi Berkibar-kibar di Twitter, Bidik Angka 80

MotoGP Prancis 2013 Menuju FP3; Cal Crutchlow Kehilangan Rem, Ia Marah Besar Di Le Mans..!

MotoGP Le Mans Prancis 2013 Menuju FP3; Duet Honda Berharap Matahari, Tetap Antisipasi Basah

MotoGP Prancis 2013 Menuju FP3 ; Rossi Temukan Resep Set-Up, Lorenzo Kurang Senang

BAGIKAN