nhk

MotoGP Prancis 2013: Keoknya Rossi Dan Lorenzo Di Le Mans, Haruskah Panggil Furusawa

 

 

ManiakMotor – Dengan berbagai alasan yang menggunung usai lomba di Le Mans, Prancis, sudah seharusnya Yamaha Factory Racing mencari pengganti Masao Furusawa. Kekelahan Yamaha dari Honda sebenarnya sudah terdeteksi sejak Honda membangun total baru RC213V, Juni tahun lalu. Dalam delapan laga, sejak motor itu ada Honda menang tujuh laga 2012. Enam kemenangan lainnya didapat Dani Pedrosa, satunya dari Casey Stoner di seri penutup Australia.

Dalam empat seri tahun ini, Honda telah memenangi tiga seri, dua seri lainnya lewat  Pedrosa dan satu serinya anak ‘pemula’ Marc Marquez. Pedrosa yang tak punya data prestasi meyakinkan  di Le Mans bisa pecicilan di depan. Bahkan telah membuktikan, RC213V produktif di lintasan basah dan kering. Juga mengigit dalam keadan teduh dan panas membara lintasannya. Diakumulasi sejak Juni tahun lalu dalam 12 kali duel, Yamaha hanya menang dua kali.

Tidak  ada alasan lagi dibangun YFR seperti di Jerez yang katanya suhu sangat mendidih. “Jawaban teknik saat ini belum ada. Karena terbukti, balapan basah di Le Mans sangat sulit. Keberanian Jorge (Lorenzo)  banyak menurun setiap masuk tikungan. Dia tidak ada kepercayaan diri dengan motornya, merasa tidak aman untuk adu cepat. Tim akan berkonsentrasi mencari masalahnya, tim tidak bisa memberikan jawaban sekarang,” jelas Massimo Meregalli, direktur YFR dalam situs YFR yang barusan diupdate.

Sedang Rossi, jangankan ingin mendekati Pedrosa, untuk mengimbangi  Ducati saja dia kesulitan. Bahkan sudah membalap memaksa dengan kecepatan motor yang riskan, karena sebenarnya kurang nyaman di lintasan basah. Akibatnya, ia tergelincir.  “Intinya akan kami periksa data pada kedua M1 untuk perbaikan ke depan,” tambah Meregalli yang meringins usai hasil di Le Mans ini.

Jorge Lorenzo bisa tantang Honda di sesi-sesi free practice dan qualifying, bukan karena motornya sama kencang. Tetapi skill Lorenzo untuk balapan sendiri-sendiri masih bisa atasi Pedrosa dan Marquez. Soal motor, ya lihat saja dalam tiga seri belakang pada dua kondisi yang bertolak belakang. Bahkan sudah diakui Meregalli tadi, pembalapnya kurang nyaman.

Cara satu-satunya kembali memanggil Masao Furusawa atau paling tidak yang punya elmu setara dengan mantan teknisi terbaik YFR itu. Ialah yang melahirkan teknologi the cross plane crankshaft pada mesin M1 Rossi 2004. Sebab, sampai saat ini belum ada temuan apa-apa. Beda dengan Honda yang membangun RC213V total baru 2012 termasuk soal girboks yang membuat reduksi RC213V sangat nyaman dan aman.

Berharap apada elmu Jeremy Burgess, mekanik Australia itu hanya bisa setting di tempat. Ia bukan penemu seperti Furusawa, tapi sebagai operator. Lagian, ilmunya mungkin sudah tua seiring rambut Burgess yang mulai memutih. Hehehe, rambutnya memang bule bro. “Ya tunggu saja jawaban kami soal kegagalan di Le Mans ini,” tutup Meregalli.

Lho, katanya mau panggil Furusawa? Ah, itu pendapat portal ini. Ito

BERITA TERKAIT:

Hasil MotoGP Le Mans Prancis, Semua Sesi, 17-19 Mei 2013

MotoGP 2013 Le Mans (Race): Honda Digdaya, Skor 3-1, Tanda Tanya Yamaha

MotoGP Prancis 2013 (Race); Honda Pedrosa Dan Marquez, Terbukti Di Lintasan Basah Le Mans..!

BAGIKAN