nhk

MotoGP Prancis 2013 Menuju FP3 ; Rossi Temukan Resep Set-Up, Lorenzo Kurang Senang

 


ManiakMotor – Valentino Rossi optimis setelah coba utak-atik dua bagian suku cadang dalam free practice 1 dan 2. Karena ada dua senjata tersedia di sirkuit Le Mans, Prancis, ya harus pilih salah satu untuk pertahanan dan penyerangan pada raceday  19 Mei 2013. Sedang Jorge Lorenzo sebagai sohib Rossi di Yamaha Factory Racing (YFR), belum puas dengan hasil dua FP, Jumat, 17 Mei.

FP1 Rossi ke-3 di bawah Dani Pedrosa (Honda) dan Lorenzo. Sedang  FP2 dia ke-3 membuntuti Pedrosa dan Marc Marquez. Tetapi hanya berselisih 0.004 detik dengan Marc dan dari Pedrosa 0.138 detik. Katanya itu tidak mengecewakan karena selisihnya mepet. “Saya memang ketiga di di FP1 dan FP2, tetapi waktunya sangat dekat,” tegas Rossi setegas-tegasnya.

Itu berkat dua set-up yang diuji sejak pagi. Trik yang dilakukan YFR untuk mengirit kompon karet item namun tidak menghilangkan daya traksi saat berakselerasi bawah. Katanya sih ada yang dimodif. Ilmu kira-kiranya ya hanya seputaran suspensi. Sebelumnya Rossi bicara soal keseimbangan motor. Tidak disebut lewat modif ini keluhan itu otomatis hilang atau seperti apa, ya nggak tau. 

Toh, Rossi kelihatannya ceria. Maklum brosist dalam tiga ronde MotoGP dari semua sesi, baru di Le Mans ini dia bisa di atas Lorenzo. “Sebenarnya sejak FP1 pagi, saya telah menemukan kecepatan yang diinginkan. Tapi tim punya dua modifikasi set-up yang harus dipilih salah satunya,” jelas Rossi dengan senyum yang mulai mengembang.

Modifikasi untuk menghemat ban itu dianggap berhasil, karena tidak punya efek pada grip. Juga  telah diuji dengan melakukan lap yang kencang seolah membalap benaran, bukan latihan walau dilakukan saat latihan, hehe. Maksudnya, waktunya bersaing dengan papan atas. Ritme yang dicapai juga konstan. “Semoga balapan berlangsung dalam kondisi kering, Yamaha bisa kompetitif,” tambah Rossi yang dari omongannya tersimpan harapan.  

Berbeda dengan Lorenzo yang bilang tidak kecewa dengan hasil FP1 dan FP2, karena merasa masih tidak terlalu jauh gap waktunya. Tapi kurang gembira dengan posisinya di FP2. “Besok masih ada kesempatan untuk memperbaiki kukurangan. Tetapi bila hujan Sabtu, tak ada kesempatan untuk setting kering,” khawatir Lorenzo karena diprediksikan Le Mans akan hujan.

Khususus Rossi deh, pantas tadi diberitakan cari obat, ternyata resepnya sudah ketemu? Ito

BERITA TERKAIT:

Hasil MotoGP Le Mans Prancis, Semua Sesi, 17-19 Mei 2013

MotoGP Le Mans Prancis 2013 Menuju FP3; Duet Honda Berharap Matahari, Tetap Antisipasi Basah

MotoGP Prancis 2013 Menuju FP3; RC213V Pedrosa+Marquez, Serba Bisa Di Le Mans

MotoGP 2013 Le Mans Prancis (FP2): Pedrosa Mulai Pol-Polan, The Doctor Cari Obat

MotoGP 2013 Le Mans Prancis (FP1): Masih Mendung, Pedrosa Ungguli Lorenzo – Rossi

MotoGP 2013 Le Mans Prancis: Lorenzo-Marquez Damai, Macam Mana di Lintasan Nanti?

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353