nhk

MotoGP Prancis 2013 (Race); Honda Pedrosa Dan Marquez, Terbukti Di Lintasan Basah Le Mans..!

 

ManiakMoto – Jumlah 26 lap terasa lama dan memang lama ditempuh para joki MotoGP. Dari catatan waktu biasanya 1 menit 33 detik di Le Mans, Prancis, saat trek basah molor 11 detik setiap lap. Otomatis menguras kesabaran dan stamina melaju di lintasan lincin di race ronde 4 MotoGP pada 19 Mei 2013. Bagi Honda yang dipacu Dani Pedrosa dan Marc Marquez, tancap terus.

Kondisi tidak normal atau hujan, geber gas, pengereman sampai menikung, semua dilakukan tidak normal juga. Termasuk pergerakkan pembalap di atas jok. Jika tidak, akan mengapung sampai ke gravel seperti Valentino Rossi yang mengerem kaget  10 laps sebelum finish. Nah ini dia umur, berkibat refleks sudah berkurang, hehehe.

Dan Honda telah membuktikan lewat Pedrosa motor yang bisa cepat pada semua kondisi. Di trek basah terbantu akselerasi halus dan semestinya harus dibawa halus. Akselerasi RC213V yang saat ini yang berlangsung tanpa jeda, halus, muyus dan tulus, memang menjadi unggulnya Honda di wet race kali ini. Ini sama dengan prediksi sebelumnya, coba baca ulang, kalau mauMotoGP Prancis 2013 Menuju FP3; RC213V Pedrosa+Marquez, Serba Bisa Di Le Mans.

Pedrosa berani salip-salipan dengan Andrea Dovisiozo yang awal-awal lomba langsung ke depan dengan Ducatinya. Salipannya pun dari sudut sempit tanpa khawatir tergelincir. Ilmu kira-kiranya, sudut seperti itu harus menahan jalur dengan lebih tiduran dan segera mininggikan rpm. Itu berkali-kali dilakukan Pedrosa, karena Dovi menyalipnya ulang dan juga kesalahan dilakukan Pedrosa sendiri.

Bukan nga-nge-ngo-nya itu yang penting. Lebih penting lagi, dalam pengereman dan akselarasi dari sudut sempit itu roda belakang Pedrosa tenang saja. Tidak terpengaruh daya apung (aquaplaning) efek dari lapisan air. “Saya gembira dengan lomba ini. Feeling saya memilih set-up tepat, walau di awal-awal sempat bikin kesalahan. Tetapi ritme saya konsisten untuk menjaga roda belakang spin. Kecepatan dan motor saya juga tenang, sangat menbantu dalam kondisi seperti ini,” aku Pedrosa dalam jumpa pers para pemenang.

Sebenarnya kedua Honda milik Repsol Honda Team juga sama halus. Hanya saja, Marquez belum yakin apa yang dilakukannya di lintasan basah. Awal-awal lap dia hanya meraba dan terus mencoba keyakinannya bersama motor.  Beberapa kali overshoot, karena belum dapat feeling di lintasan basah.  Maklum, pengalaman pertama di lintasan hujan dengan moge prototipe.  Tapi sejak yakin, ia terus bikin fastest lap dan hampir mengejar Cal Crutchlow yang sudah kedua. “Awal lomba saya masih mencari cara terbaik di lintasan basah. Tadinya sudah tak berpikir dapat podium,” jelas Marquez yang sempat terperosok ke-8.

Terbukti sudah RC21V memiliki reduksi yang sambung menyambung yang halus. Bukan hanya efisien dalam kering, basah juga ayo. Itu dia girboks SSG. Ito

BERITA TERKAIT:

Hasil MotoGP Le Mans Prancis, Semua Sesi, 17-19 Mei 2013

MotoGP 2013 Le Mans (Race): Honda Meraja, Crutchlow Bintangnya

MotoGP Prancis 2013 Menuju FP3; RC213V Pedrosa+Marquez, Serba Bisa Di Le Mans

MotoGP 2013 Le Mans (Jelang Race): Patah Tulang dan Muntah Darah, Cructhlow Terancam DNS

 


BAGIKAN