nhk

MotoGP Prancis 2016 Jelang FP1/FP2: Dua Pembalap Ducati Hanya Berharap Di Le Mans

ManiakMotor – Ducati sampai di Eropa malah melempem macam di Jerez. Tapi mereka punya alasan, memang Jerez sirkuit tersulit buat merek Italia ini. Agak beda dengan Le Mans, walau sirkuit yang stop and go, punya peluang mengembangkan powernya. Sirkuit di Prancis ini akan dipakai untuk ronde 5 MotoGP 2016 yang race-nya pada Minggu (8/5/2016).

Bisa begitu, karena Le Mans rata-rata lebar jalurnya sampai 13 meter, lebih lebar 2 meter dari Jerez. Mesin Ducati masih boleh bernafas lega di situ.  “Saya yakin Le Mans adalah trek di mana saya selalu berhasil mengekspresikan potensi. Mudah-mudahan kita memiliki kesempatan untuk menjadi kompetitif dan bertarung dengan pemain papan atas,” jelas Andrea Dovizioso yang podium tahun lalu di Le Mans.

Hal yang sama dibicarakan Andrea Iannone. Dia muncul di sirkuit Prancis tersebut yang cocok dengan gayanya. “Tahun lalu balapan yang positif, saya termasuk cepat. Padahal saat itu didera bahu ketika jatuh di tes Mugello. Pendekatan pada di sirkuit harus rileks,” timpal Iannone yang mengakui memang kesulitan di Jerez.

Keduanya berharap sejak sesi latihan bebas pada Jumat 6 Mei ini, sudah bisa mendeteksi arah setelan motor mereka selanjutnya. Terutama antara senyawanya ban dengan aspal. Bagian ini yang menurut keduanya banyak berpengaruh pada set-up motor. Kalau itu oke, keduanya tinggal berdoa akan kompetitif di Le Mans.

Dovi dan Iannone merasakan perilaku ban sekarang berbeda dengan tahun lalu. Michelin yang jadi ban baru 2016 sulit diprediksi maunya, kalau belum merasakan free practice pertama. “Sejak awal sesi dituntut bekerja keras untuk mendapatkan feeling terhadap ban,” pungkas Dovi yang diiyakan Iannone. MM  

BACA JUGA

MotoGP Prancis 2016 Jelang FP1/FP2: Rumor Perpindahan Joki, Ternyata Vinales…?

MotoGP Le Mans 2016: Rossi, Calon Kuat Pendampingnya Pedrosa Atau Vinales, Movistar Maunya Spanyol

MotoGP Prancis 2016 Jumpa Pers: Marquez, Lorenzo Dan Rossi Mengklaim Le Mans Sirkuit Favorit

MotoGP 2016: Berita Panas..! Pedrosa Gantikan Lorenzo Di Yamaha, Vinales DIpertahankan Suzuki

MotoGP Prancis 2016: Rossi, Le Mans Adalah Trek Yamaha, Tapi Perlu Hati-Hati

BAGIKAN