nhk

MotoGP Prancis 2016 Jelang FP3/FP4/Q2: Lorenzo Habis Ngomel, Ya Memuji Pada Michelin

ManiakMotor – Kalau sudah percaya diri, nyali dengan sendirinya akan tersusun mantap di hati. Bukan hanya itu, keterampilan akan alami terpakai. Hapalan pada sirkuit juga muncul dengan penyetelan motor yang encer, cer, jer.

Begitulah Jorge Lorenzo di hari pertama di sirkuit Le Mans, Prancis pada Jumat 6 Mei. Itu katanya hanya gara-gara ban Michelin belakang yang disodorkan lebih baik dari di Jerez.  “Wah senang bingit, Michelin sudah bekerja keras dan cepat, mereka memberikan ban yang lebih baik setelah masalah di Jerez,” sebut Lorenzo yang dari akumulasi dua Free Practice dia yang tercepat.

Grip banyak, Lorenzo  jauh lebih pede pada  konstruksi baru ban belakang Michelin pada tipe medium dan soft. Yakin dengan tindakannya memberi tenaga pada roda belakang. Nggak perlu ‘sopan santun’ memelintir selongsong gas. Throttle itu yang dianggap di era ECU terpadu menjadi control traksi dari jokinya. Siapa yang boleh  memanajemen putaran gas, itu control traksi canggih.

Seperti itu pula yang dilakukan Lorenzo pada sirkuit Le Mans yang sebenarnya butuh traksi besar. Kan sirkuitnya bertipe stop and go. “Hari pertama memang asyik. Kami kompetitif dari awal dengan basis set-up yang ternyata pas. Beberapa masalah segera teratasi agar motor lebih nyaman. Sorenya di sesi terakhir FP2 lebih cepat lagi dengan ban terakhir baru yang dibawa Michelin ke sini. Semoga hari kedua juga kompetitif, terutama lagi hari Minggu,” puji dan harap Lorenzo pada Michelin semberi bilang gejala spin juga sudah hilang.

Manusia memang begitu, saat jelek langsung ngomel seperti dilakukan Lorenzo di Jerez pada kondisi bannya. Saat baik, ya dipuji seperti cerita di atas. Itu biasa. Malah jujur dari seperti seorang Lorenzo agar Michelin si penyedia ban itu ikut berpikir keras. Maka Lorenzo bukan sekadar cepat, karena percaya diri tinggi, jadilah berani.

Di FP1 dan FP2 dialah yang punya inisiatif yang membuka catatan waktu lebih cepat. Di FP1 walau akhirnya dia kedua, tapi dia yang memulai  catatan 1:34. Di FP2 dia juga yang membuka 1:33 dan puncaknya dia sendiri yang mencetak di bawah 1:33 alias 1:32.830 meninggalkan posisi kedua 0.339 detik. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Le Mans, Prancis, Moto2, Moto3 Semua Sesi 6, 7 – 8 Mei 2016

MotoGP Le Mans 2016 FP2: Lorenzo Tercepat, Iannone Ke-2, Marquez Dan Rossi Ke-10

MotoGP Prancis 2016 FP1: Pedrosa Tercepat, Disusul Lorenzo, Rossi Ke-5

MotoGP Prancis 2016: Jonas Folger Resmi Di Yamaha Tech 3 Untuk Skuad 2017

MotoGP Prancis 2016 Jelang FP1/FP2: Dua Pembalap Ducati Hanya Berharap Di Le Mans

 

 

BAGIKAN