nhk

MotoGP Prancis 2016 Jelang FP3/FP4/Q2: Rossi Belum Coba Ban Terbaru, Sibuk Setel M1

ManiakMotor – Kenal Valentino Rossi kan? Kalau ya, pastilah kenal tipikal The Doctor. Dia bukan tipe pemaksa keadaan. Motor nggak sanggup, ya sabar di urutan yang sebenarnya kemampuan motor. Baru digas kalau motornya bisa diajak sesuai ketangkasannya. Di akumulasi dua FP di sirkuit Le Mans, Prancis pada Jumat  6 Mei, dia hanya 10.

Ternyata oh faktanya Rossi mengalami masalah pada stabilitas M1-nya. Terutama di depan tikungan saat terjadi pengereman deras. M1-nya kadang ngamuk seperti akan melemparnya dari jok. “Susah menggunakan dengan teknik yang tepat di sesi sore. Diawali sesi pagi yang kurang cepat. Maka ada perubahan set-up meningkatkan keseimbangan pengereman, eh malah sulit. Masalahnya pada ban depan yang bikin banyak getaran,” kata Rossi yang di FP1 ke-5 dan FP2 ke-10 yang terpaut 1 detik lebih dari yang tercepat. Tercepatnya Rossi hanya cetak 1’33.974.

Itu sama saja Rossi masuk ke Le Mans dengan data set-up dasar yang meleset. Pengaturannya tidak sesuai rencana. Bisa jadi membawa sisa-sisa setelan Jerez yang bikin Rossi kampiun. Kan kalau tepat pasti dia akan bertempur di papan atas. Karena meleset, ya coba set-up berbeda agar nggak goyang-goyang di depan tikungan seperti terlihat dalam video. Tapi masih nggak kena juga dibanding musuh di FP2.

Karena sibuk menyetel motor ini, Rossi mengaku belum coba ban baru khusus Le Mans yang disodorkan Michelin. Ban tersebut yang dipuji-puji Jorge Lorenzo, rekan setimnya di Movistar Yamaha yang tercepat. Rossi fokus pada ban belakang hard yang diperkirakan digunakan untuk lomba. “Saya lihat, mereka yang pakai ban baru Michelin catatan waktunya meningkat. Tapi saya nggak punya waktu untuk mencobanya. Sabtu akan digunakan ban tersebut, tapi bagaimana pun setelan motor butuh peningkatan,” kata Rossi. 

Maksudnya, walau dengan ban baru tersebut catatan waktu pribadinya lebii laju, tetap motornya harus siap dulu. Karena masalah utama pada setelan motor yang nggak mau diajak dengan cara terbaik. Makanya dia  janji akan melakukan tindakan yang berbeda pada Sabtu ini untuk sesi latihan bebas hari kedua. Ya  itu tadi, Rossi memang nggak memaksakan diri, masih ada waktu untuk pengaturan sesuai Le Mans. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Le Mans, Prancis, Moto2, Moto3 Semua Sesi 6, 7 – 8 Mei 2016

MotoGP Prancis 2016 Jelang FP3/FP4/Q2: Lorenzo Habis Ngomel, Ya Memuji Pada Michelin

MotoGP Le Mans 2016 FP2: Lorenzo Tercepat, Iannone Ke-2, Marquez Dan Rossi Ke-10

MotoGP Prancis 2016 FP1: Pedrosa Tercepat, Disusul Lorenzo, Rossi Ke-5

Hasil MotoGP Le Mans, Prancis, Moto2, Moto3 Semua Sesi 6, 7 – 8 Mei 2016

BAGIKAN