nhk

MotoGP Prancis 2016 Jumpa Pers: Marquez, Lorenzo Dan Rossi Mengklaim Le Mans Sirkuit Favorit

ManiakMotor – Sama-sama mengklaim sirkuit Le Mans kesukaan ketiga calon juara dunia 2016. Siapa lagi kolo bukan Marc Marquez, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Ketiganya empat seri lalu yang bergantian menjadi bintang sirkuit. Dari laga itu, termasuk di GP Prancis yang sesi latihan bebasnya sudah dimulai hari ini Jumat 6 Mei 2016, ketiganya calon juara.

Trio ini berbicara sirkuit  dengan 14 tikungan tersebut sebagai favorit dalam jumpa pers wajib di Prancis. Marquez walau katanya motornya kurang siap, tapi cara membalapnya sangat sip. Bahkan sudah punya jurus set-up kira-kira.  “Le Mans sirkuit yang bersifat stop and go. Butuh setup halus untuk menangani pengereman keras. Tapi intinya, ini salah satu trek yang saya suka dengan stop and go-nya,” jelas Marquez yang andalan Repsol Honda Team tersebut dan sedang memimpin klasemen dan empat seri lalu semuanya podium.

Tahun lalu Marquez memang kalah dari dua Yamaha, itu hanya kerena masalah ban depan, bukan masalah dari keterampilannya. Sama dengan di Jerez kemarin yang juga dirongrong kinerja karet hitam. “Sama dengan saya juga di Jerez, ban yang jadi persoalan. Tapi ini harus ditanggulangi di Le Mans dan saya sudah punya ancang-ancang pilihan ban medium dari Michelin yang cocok,” timpal Lorenzo yang diberi kesempatan kedua berbicara sesuai urutan klasemen.

Seperti pengantar cerita soal klaim mengklaim Le Mans menjadi sirkuit kesukaan masing-masing. Lorenzo juga membeberkan faktanya yang sejak di GP125 dia kerap juara di Le Mans. Untuk MotoGP dalam tujuh kali dia muncul di situ, empat kali dia kampiun. Tapi herannya Lorenzo sama sekali belum pernah pole.

Apalagi ditanya pada Rossi yang jam terbangnya paling tinggi di antara ketiganya. Soal sirkuit kesukaan, Le Mans sudah pastilah. The Doctor telah 11 kali podium di situ, tiga di antaranya juara. Tapi juara terakhir 2008. “Dua tahun terakhir atau 2014 dan 2015 saya sudah tampil baik, sayang hanya finish kedua. Berarti saya memang cukup kuat di Le Mans dan akan dicoba kembali akhir pekan ini. Cuma Le Mans ini selalu digaggu cuaca,” kata Rossi yang tampil di Jerez kemarin memang spesial.

Omongan Rossi selanjutnya sudah lupa mengklaim sirkuit Le Mans. Sebab pertanyaannya calon pengganti Lorenzo. Dia bilang siapa saja nggak masalah. Eh ngomong-ngomong perpindahan pembalap di jumpa pers ini juga diumumkan  Jonas Folger masuk ke MotoGP. Pembalap Jerman yang saat ini di Moto2 dengan bendera Dynavolt Intact GP akan mengisi jok yang ditinggalkan Bradley Smith di Tech 3.  Makanya dia hadir dalam acara itu. Selain  yang disebut di atas, ada juga Aleix Espargaro (Team Suzuki Ecstar), Loris Baz (Avintia Racing) dan Johann Zarco (Ajo Motorsport). MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP 2016: Berita Panas..! Pedrosa Gantikan Lorenzo Di Yamaha, Vinales DIpertahankan Suzuki

MotoGP Prancis 2016: Rossi, Le Mans Adalah Trek Yamaha, Tapi Perlu Hati-Hati

MotoGP 2016 (Jelang): Di Le Mans Pedrosa Masih Ragu Pada Michelin

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Urusan Pol Espargaro Jadi Panjang, Dibantah Bossnya

 

BAGIKAN