nhk

MotoGP Prancis 2016: Rossi, Le Mans Adalah Trek Yamaha, Tapi Perlu Hati-Hati

ManiakMotor – Tidak semata motor, kemenangan Valentino Rossi di Jerez. Memang dirinya lagi top performa. Berani membawa motor lebih cepat dari yang lain. Percaya dirinya memang lagi tinggi. Apalagi kalau didukung motor, ya makin jadi skill-nya untuk menyapu sirkuit dari sudut ke sudut.

Hal yang sama diapungkan para pecandu MotoGP masuk ke Le Mans, Prancis dalam rangka ronde 5 MotoGP 2016. Apalagi didukung Rossi yang mengklaim Yamaha selalu tampil baik di Le Mans. “Di lintasan Le Mans, YZR-M1 biasanya boleh melaju dengan sangat baik. Tapi ada sisi negatifnya, Le Mans sering bermasalah dengan cuaca yang tidak pasti. Jadi ada banyak faktor yang harus berhati-hati,” kata Rossi yang kemenangannya di Jerez untuk pertama kali dengan peraturan baru ECU seragam dan Minchelin.

Kata hati-hati inilah yang jadi harus hati-hati pula mengetiknya. Hati-hati yang bisa saja kudu teliti dan detil dalam mengatur basis set-up. Entah itu setelan motor sampai setelan jokinya untuk siap dalam semua kondisi. Misalnya, jangan-jangan sudah mati-matian disetel kering, eh lombanya basah. Disetel panas, lombanya dingin. Begitu seterusnya.

Tapi itu tadi, Rossi didukung karakter Yamaha yang ia klaim oke di Le Mans. Juga didukung fakta dan data  Le Mans dikuasai Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Kebetulan masih bicara Rossi, data Rossi saja yang dimunculkan. Rossi pernah juara pada 2002, 2005 dan 2008 , lantas posisi kedua  pada 2003, 2010, 2012, 2014 dan 2015 dan ketiga 2000, 2001 dan 2011. Waw…

Petanda M1 memang pas di sirkuit negara penghasil anggur terbaik dunia itu. Ditambah percaya diri Rossi, peluang dia mengulang Jerez, siapa tahu? “Tahun lalu sebenarnya tampil baik, sayang sulit mengalahkan Lorenzo, dann akan coba lagi tahun ini. Caranya memulai akhir pekan sama seperti dilakukan di Jerez. Di sana ditemukan set-up pada hari Jumat dan ini membantu kompetitif di balapan. Intinya akan melakukan itu lagi di Le Mans,” pungkas Rossi.

Ditunggu. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016: Berita Panas..! Pedrosa Gantikan Lorenzo Di Yamaha, Vinales DIpertahankan Suzuki

MotoGP 2016 (Jelang): Di Le Mans Pedrosa Masih Ragu Pada Michelin

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Urusan Pol Espargaro Jadi Panjang, Dibantah Bossnya

MotoGP Le Mans (2016): Lorenzo Punya Modal Besar Di Ronde 5

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Peluang Rossi Menang Beruntun, M1-Nya Mendukung

MotoGP Le Mans 2016 (Jelang): Jam Terbang Rossi 177 Podium, Pedrosa 101 Dan Lorenzo 100

BAGIKAN