nhk

MotoGP Prancis 2018: Kok Lebih Cerdas Mekanik Tech 3? Nih Jawaban Mekanik Pabrikan..!

ManiakMotor – Gerah juga mekanik pabrikan Yamaha selalu dibandingkan dengan mekanik M1 Johann Zarco yang kelas satelit. Saat test dan lomba, Zarco kerap mempermalukan para joki Yamaha. Ya yang kena sorot juga teknisi M1 Tech3 selalu berhasil menyetel M1 Zarco ketimbang mekanik pabrikan.

Ramon Forcada, kepala mekanik Maverick Viñales di Movistar Yamaha MotoGP itu, bilang berbeda posisi satelit dan pabrikan. “Zarco pakai sasis yang sama (2016 custom), tetapi mesin berbeda. Sesuai peraturan, pabrik dilarang menggunakan paket Zarco. Zarco baik-baik saja dengan paket tersebut. Zarco memang pembalap hebat, tetapi harus melihat juga dengan motor berbeda,” sebut Forcada meluruskan berita.

Kata Forcada, pabrik menggunakan lima versi sasis per musim. Sedangkan Zarco sebagai satelit memiliki salah satu versi sasis 2016. Itu sama dengan pabrikan. Berbeda dengan sasis yang digunakan tahun lalu oleh Zarco. Itu pilihan Zarco dan dia yang memutuskan, karena dia mengatahui hasilnya.

Sayang, Forcada tidak menyinggung perbedaan penanganan elektronik antara motor Zarco dan M1 pabrikan yang digeber Valentino Rossi dan Vinales. Lantaran elektronik justru yang selalu jadi sasaran oleh Rossi yang disalahkan.

Artinya, penanganan elektronik dari kubu Tech 3 lebih baik dong? “Masalahnya adalah konsep. Motor pabrikan dibuat satu paket. Dibuat sesuai karakter pengendara, mesin, sasis, dan ban. Perubahan ini membutuhkan elektronik yang baru pula. Tapi di Le Mans ini, pengaruh elektronik tidak terlalu banyak, lantaran grip bannya besar,” pungkas Forcada yang sebenarnya masih banyak ceritanya, tapi temanya beda-beda, sementara FP1 sebentar lagi mulai, jadi konsentrasi dulu ke FP1. Miolo