nhk

MotoGP Qatar 2017 (Jelang): Hujan, Michelin Bawa Ban Baru Basah dan Kering

Michelin, ban baru, qatar

ManiakMotor – Sebagai pemasok ban tunggal di motogp, Michelin sudah menyiapkan ban basah saat berlangsung balapan pembuka musim 2017 di sirkuit Losail, Qatar, pekan ini (26/3). Itu bila terjadi hujan dan pembalap memilih tetap balapan di bawah sorotan lampu untuk pertama kali.

Kepala Keselamatan FIM Franco Uncini dan Loris Capirossi baru-baru ini menyatakan bahwa tidak terpikirkan kalo sorotan lampu ke permukaan basah menimbulkan silau akan meenjadi masalah. Akhir pekan ini, cuaca diramalkan akan lebih parah dari Isle of Man yang hujan cukup lebat.

Tim keamanan FIM dan Dorna telah menyepakati. Jika terjadi hujan selama latihan resmi, pembalap harus mencoba dan pendapat mereka akan dipertimbangkan oleh komisi. “Jika terejadi hujan, pembalap akan menguji kondisi menggunakan ban yang kami miliki dan hasilnya apakah aman,” sebut Piero Taramasso dari Michelin.

Seandainya hujan lebat terjadi saat balapan, maka latihan ekstra akan dijadwalkan untuk menentukan apakah lomba bisa dilanjutkan atau ditunda pada hari berikutnya. Seperti kejadian pada 2009, hujan sangat lebat menyirami trek berjarak 5.380 meter saat lomba akan dimulai. Akhirnya, balapan dilanjutkan esok harinya.

Disamping ban basah, Michelin juga membawa ban slick baru depan khusus untuk di Losail. Prototipe ban ini sudah dipakai saat balapan di Valencia, akhir tahun lalu. Ban anyar ini sudah dimodifikasi selama musim dingin dan pra musim. Termasuk juga ban ban belakang sesuai masukan dari hasil tes. kelebihan dari kedua ban ini memberikan traksi lebih dan drivability. Ban itu punya tiga jenis kompon, soft, medium, dan keras dengan kode warna yang beda. Rezki

BAGIKAN