nhk

MotoGP Qatar 2017 (Jelang) : Iannone Terpaksa Contek Gaya Balap Vinales, Tantangan Berat

Iannone, Suzuki, Gaya Vinales
Gaya Iannone menikung, badan tidak condong ke depan

ManiakMotor – Mencontek di kelas sampai ketahuan bisa gawat. Tapi di arena balap motogp, itu sah-sah saja kalo tidak mengaku. Nah, kali ini baru Andrea Iannone yang secara gamblang menyampaikan dirinya mencoba untuk meniru gaya balap Vinales sewaktu di Suzuki.

Sampai tes musim dingin ketiga di Qatar, pembalap Italia itu masih belum menyatu sama GSX-RR. Juga belum nemu teknik mengerem yang baik dan transisi dari Ducati ke Suzuki selama 5 bulan, ibarat bunga belum mekar sempurna. Meski sempat memberi harapan saat tes di Sepang, tapi di Phillip Island dan Qatar justru terpuruk.

Padahal, Iannone mengaku sudah kerja keras untuk menyesuaikan gaya balap secara halus agar bisa lebih agresif dari Vinales. Meski mengubah gaya halus itu bukan tipikalnya yang sangat agresif.

“Saya sudah mencoba adaptasi secepat mungkin, tapi untuk bisa cepat harus mengubah gaya naik yang identik sama Vinales,” keluh The Maniac. Ciri Vinales, lanjutnya, ia tidak pernah mengerem di tikungan dengan mencondongkan badan. Dan saat motor lurus, dia justru menunggu untuk menikung dan kemudian mempercepat.

“Kebanyakan pembalap, tidak begitu. Mereka menggunakan rem untuk membawa motor ke tikungan, baru kemudian dipercepat,” bela Iannone. Persoalannya, tes resmi sudah tidak ada, tinggal yang private setelah Qatar. Nah, Iannone sendiri belum bisa pakai ilmu Vinales. Ya, seharusnya Suzuki sedikit melakukan pembenahan pada GSX-RR untuk disesuaikan sama pembalap barunya. Rezki

BAGIKAN